Home » » Automatic Save dalam AutoCAD.

Automatic Save dalam AutoCAD.

Automatic Save dalam AutoCAD.

AutoCAD Tangerang
Automatic Save dalam AutoCAD.

Automatic save atau otomatis save dalam autoCAD bertujuan untuk mengatur sebuah durasi waktu penyimpanan secara otomatis oleh software autoCAD itu sendiri,guna menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan terhadap gambar yang sudah kita kerjakan dalam hal ini ketika terjadi mati listrik.

Seperti terjadi akhir akhir ini di kompleks perumahan saya yang sering sekali mati lampu apalagi ketika hujan,kejadian sering mati lampu ini  mengingatkan saya beberapa hari yang lalu ketika sedang mendesain sebuah produk menggunakan autoCAD,dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tiba-tiba blepppp gelap dan mati lampu.


Kesel,dongkol,marah bercampur aduk dah,beruntung saya selalu melakukan settingan software autoCAD saya sehingga saya gak akan merasa kehilangan banyak dari gambar yang saya kerjakan tadi.
Nah tentang bagaimana cara melakukan settingan Automatic Save pada AutoCAD akan saya bahas berikutnya dengan judul setting otomatis save pada autoCAD mu,sekarang kita akan mengulas tentang keuntungan dan kerugian menggunakan automatic save atau Menyimpan File Secara Otomatis dalam autoCAD.

Automatic Save

Keuntungan.
  • Dalam durasi (menit) tertentu, komputer dalam hal ini program AutoCAD akan senantiasa men-SAVE gambar secara otomatis sehingga kita tidak perlu lagi melakukan penyimpanan file secara manual (CTRL+S)
  • File cad (dwg) cendrung lebih aman apabila suatu waktu listrik dari PLN mengalami Down karena File dwg telah di simpan secara berkala seperti kejadian saya di atas.
  • File recover akan muncul jika PC dihidupkan kembali sehingga kita bisa melanjutkan gambar yang tertunda, ( lihat judul tips mengoperasikan drawing recovery autoCAD ).

Kerugian.
  • Mengganggu kinerja (waktu kerja) jika penyimpanan otomatis durasi menitnya kecil (contoh 5 menit sekali).
  • Hal yg sama akan terasa apabila kita bekerja dalam gambar 3 dimensi dan file dwg memiliki ukuran sangat besar (Proses save lama)
  • PC / komputer akan sering error / Hank Apabila server mengalami gangguan (file berada di sever), ini terjadi apabila automatic save bekerja dan terhubung dengan server. 

Saran Peyimpanan otomatis dalam autoCAD.

Jika melihat keuntungan dan kerugian menggunakan atau mengaktifkan automatc save ini maka saya memiliki beberapa saran :
  • Aktifkan automatic save ketika anda bekerja dengan computer yang daerah tersebut sering terjadi mati lampu dan listrik tidak stabil,begitu sebaliknya.
  • Aktifkan automatic save ketika anda bekerja dengan computer dan server tempat penyimpanan stabil begitu juga sebaliknya. 
  • matikan jika anda bekerja menggunakan Laptop karena laptop tidak mengenal mati lampu,tetapi aktifkan jika dirasa perlu dan spesifikasi laptop anda memang mumpuni untuk bekerja dengan file besar.


Silahkan dipertimbangkan dan diputuskan dengan melihat situasi dan kondisi anda masing masing.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:55 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST