Home » » Cara Membuka File AutoCAD Beda Versi.

Cara Membuka File AutoCAD Beda Versi.

Cara Membuka File AutoCAD Beda Versi.

Cara Membuka File AutoCAD Beda Versi.
dwg trueview

Apakah anda pernah mengalami kegagalan saat membuka file dari AutoCAD hanya lantaran berbeda versi rilis autoCAD yang dipergunakan pada saat pengerjaan dan penyimpanan pertama,..?

untuk mengetahui  apakah penyebab file autoCAD tidak bisa dibuka karena perbedaan versi adalah dengan melihat tulisan pada layar yang akan muncul tulisan :

“Error on opening different versions of AutoCAD”

Jika tulisan tersebut yang muncul dilayar komputer anda maka dipastikan bahwa penyebabnya adalah autoCAD yang ada di komputer anda lebih tua tahun rilisnya dari program autoCAD sipembuat gambar.misalnya autoCAD anda tahun 2007 sementara gambar yang dibuat menggunakan AutoCAD yang lebih muda dari tahun 2007 katakanlah autoCAD tahun 2008 – 2015.


Sebenarnya permasalahan seperti ini tidak perlu terjadi andai kata setiap pengguna AutoCAD mengetahui cara melakukan settingan pada tool options dalam hal ini extention tahun penyimpanan ( file save as ),lihat postingan saya tentang mengapa autoCAD perlu di save di tahun yang lebih tua.

Sekarang balik lagi kepermasalahan file yang tidak bisa dibuka karena perbedaan versi autoCAD nya,ada salah satu cara yang sudah dipersiapkan oleh autodesk untuk mengatasi ini yakni.

DWG TRUEVIEW.


DWG TrueView adalah DWG viewer yang dapat di download gratis dari situs Autodesk. Resmi, bukan bajakan. Karena memang fungsinya hanya viewer, tidak dapat untuk mengedit file DWG. Namun belakangan, TrueView diintegrasikan dengan kemampuan TrueConvert, anda dapat menggunakannya untuk membuka dan men-save as file DWG yang ada ke versi di bawahnya!

Artinya? Anda dapat membuka file release berapapun, dan menyimpannya ke release yang anda miliki. Dengan catatan, anda memiliki TrueView versi terbaru yang berarti untuk tahun ini tahun 2015 yang belum lama ini release.

Untuk lebih jelas dan gampang memahami cara kerja dan apa itu DWG TRUEVIEW lihat psotingan saya dengan judul DWG TRUEVIEW Vs. PerbedaanVersi AutoCAD.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:04 PM

7 comments:

  1. mohon di link kan Microsot .Net Framework 4.1 sp1 win 7 32

    ReplyDelete
  2. Mau nanya bro..
    Autocad yang saya pakai tahun 2011. trus suatu saat dapat kiriman gambar yang saat dibuka tidak ada apa2nya.. atau sebagian ada dan sebagian tidak.
    kalo kaya gitu masalahnya dimana ya.... padahal kalo dilihat di windows viewer kelihatan ada gambarnya.
    waktu diperiksa ke layer nya, juga semua normal aja. tidak ada yang dihidden maupun dibekukan.
    mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kejadian seperti itu bukan masalah beda versi gan,mungkin saja itu ada file yang ter integrated dengan file yang lain dari komputer sebelumnya alias si pengirim,jadi pada saat file dikirim ke anda file itu sudah corrupt.atau bisa juga file yang tidak muncul itu ada inventory insert,coba aja ketik insert pada kolom perintah

      Delete
  3. om, ane masuk lg nih utk bertanya hehe, tp out of topic gpp kali yaa,
    jd gini, file cad yg ane buka, 'headnya' gelap, nama/judul filenya kurang jelas. biar nama file nya kebaca jelas caranya gmn ya?
    mhn pencerahannya, tks

    ReplyDelete
  4. sbb ane cb liat dipengaturan display nya blm ketemu caranya gmn tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. merubah warna display headnya..sepertinya saya juga belum prnah nemuin nyang gininan dech..tp ntr cb sy buka kita gundulnya dulu..kl dah dapet ntar ane postingin gan..thanks atas infonya..ilmu baru nich

      Delete

RECENT POST