Home » » 3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.

3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.

3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.

Gambar autoCAD 3D sudah sangat diyakini sekali memilki magis tersendiri dalam dunia gambar menggunakan AutoCAD,bahkan aplikasi lainya,tetapi terkadang kita sendiri belum faham benar apa dan bagaimana bentuk gambar AutoCAD 3D tersebut.

Sebuah gambar akan disebut dengan gambar 3D atau 3Dimension adalah apabila gambar / drawing tersebut memilki 3 arah Dimensi atau memiliki 3 arah pandang,seperti kalimat 3D itu sendiri yakni 3Dimensi,lalu dimension apa yang harus ada untuk bisa menyimpulkan gambar tersebut berbentuk gambar 3D...?

3 unsur wajib untuk benda 3D.

  • Panjang.
  • Lebar.
  • Tinggi.

Apabila sebuah gambar benda memilki 3 unsur dimensi diatas dalam satu bentuk yang utuh dan menjadi satu kesatuan bentuk maka benda / gambar tersebut dinamakan benda 3D.


Gambar dengan format 3D dalam AutoCAD memilki jenis jenis yang berbeda beda,yang dikelompokan menjadi 3 Jenis gambar AutoCAD 3D yaitu :

  • 3D SOLID.

3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.
3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.
3D solid merupakan bentuk yang paling sempurna untuk sebuah gambar 3D,karena selain memiliki unsur yang saya sebutkan diatas ( PxLxT ),3D solid juga memiliki unsur daging dalam setiap bentuk obyeknya,makanya dinamakan SOLID maka tersebutlah sebuah nama Obyek 3D.

  • 3D SURFACE.

3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.
3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.

3D surface ini memiliki karakter dan kemiripan bentuk dengan obyek 3D solid,sama sama memiliki unsur panjang,lebar dan tinggi,tetapi tidak memiliki ketebalan daging alias didalamnya kosong karena pada dasarnya 3D surface itu hanya berupa lembaran lembaran yang disusun sedemikian rupa sehingga didalam jarak antara panjang,lebar dan tinggi akan kosong.

  • 3D ISOMETRIC.

3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.
3 Jenis Gambar AutoCAD 3D.

3D isometric ini sebenarnya belum layak dikatergorikan menjadi gambar obyek 3D karena,3D isomteric ini belum lengkap memiliki unsur panjang lebar dan tinggi,yang ada hanya unsur panjang dengan lebar,atau tinggi dengan panjang dsb,maka selayaknya 3D isometric ini masih dalam kategori 2D ( 2Dimensi ).

Lalu mengapa saya menyertakan 3D isometric ini dalam 3Jenis gambar 3D...?

3D isomteric memiliki tampilan / view komplit dengan terlihat sisi panjang,sisi lebar,sisi tinggi dan bentuk virtual aslinya pun akan terlihat jelas menggunakan metode 3D Isometeric tersebut meskipun lebih banyak memiliki kelamahan dan kekurangan untuk menjadikan dia sebagai gambar dengan format 3D.
View orbit.

Tool / perintah view orbit inilah salah satu tool termudah untuk melakukan pengetesan terhadap sebuah gambar benda,apakah gambar benda tersebut termasuk dalam kategori 3D Solid atau 3D surface atau malah 3D isomteric.

Caranya :
  • Klik view pada menu bar kemudian pilih orbit.
  • Atau klik orbit pada toolbar yang telah dikeluarkan.
  • Atau ketik orbit kemudian enter.
  • Pilih obyek yang akan di orbit kemudian putar menggunakan mouse dangan cara menehan tombol scroll.

Demikian 3 Jenis gambar AutoCAD 3D.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:59 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST