Cara Menggunakan Oblique Dimension AutoCAD. - AUTOCAD TANGERANG

Cara Menggunakan Oblique Dimension AutoCAD.

Monday, July 7, 2014

Cara Menggunakan Oblique Dimension AutoCAD.

Cara Menggunakan Oblique Dimension AutoCAD.

Cara Menggunakan Oblique Dimension AutoCAD.
Cara Menggunakan Oblique Dimension AutoCAD.

Sebelum kita mempelajari cara menggunakan Oblique Dimension alangkah lebih baiknya jika rekan rekan mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan perintah perintah dimension dalam autoCAD lainya,misalkan linear dimenion,angular dimension,aligned dimension dll.

Oblique dimension adalah sebuah cara / tool / perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk melakukan pengeditan teks dan atau garis extention pada sebuah dimension.


Pengeditan yang bisa dilakukan oleh perintah Oblique dimension tersebut meliputi :
  • Home : Metode ini berfungsi mengembalikan dimensi/ukuran yang pernah kita edit untuk dirubah menjadi dimensi dengan settingan awal.
  • New : Metode ini berfungsi merubah dan atau menambah teks pada dimensi/ukuran yang pernah kita buat dan menggantinya dengan teks yang baru,mulai dari jenis font,tinggi teks dsb.
  • Rotate : Metode ini berfungsi merubah posisi kemiringan ( angle ) teks pada dimensi/ukuran yang pernah kita buat 
  • Oblique :  Metode ini berfungsi merubah posisi garis extention atau arah dimensi yang kita buat dimana terganggu dengan garis dimensi yang lain sehingga di takutkan terjadi kesalah pahaman penfsiran.( menghindari penumpukan garis garis dimensi )

DIMEDIT.

Cara yang dipergunakan untuk melakukan oblique dimension adalah menggunakan cara cara sbb :
  • Klik dimension pada menubar kemudian pilih oblique.
  • Ketik DIMEDIT pada kolom perintah.

Selanjutnya untuk mempergunakan perintah lengkap DIMEDIT atau Oblique dimension ini lengkap dengan metode metode nya silahkan rekan rekan lihat postingan saya dengan judul “Dimension Edit “ masih di chanel AutoCAD Tangerang ini.

Oblique / DIMEDIT.

Sebenarnya oblique dengan dimension edit itu sama tapi beda,nah gmn maksudnya...maksudnya begini :
  • Oblique : meskipun yang tertera pada dropdown dimension itu tertulis oblique tetapi jika kita klik tulisan tersebut maka sebenarnya perintah yang kita masukan kedalam AutoCAD adalah DIMEDIT, dan kita akan mengalami gagal memberi perintah jika mengetikan kata Oblique dalam command line.
  • DIMEDIT : perintah dimedit ini didalamnya sudah termasuk Oblique,sehingga jika kita memasukan kata perintah DIMEDIT pada kolom perintah maka kita bisa memilih metode oblique,tetapi tulisan perintah dimedit tidak ada dalam menu drop down dimension pada menubar.

Demikian kesamaan dan perbedaan antara oblique dan DIMEDIT,serupa tapi tak sama,semoga bisa bermanfaat dan tidak menjadikan kebingungan bagi rekan rekan autoCAD Tangerang yang ingin menggunakan perintah OBLIQUE DIMENSION.


bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.