Home » » Metode Island Detection pada Arsiran AutoCAD.

Metode Island Detection pada Arsiran AutoCAD.

Metode Island Detection pada Arsiran AutoCAD.

Sebuah arsiran ( HATCH ) pada AutoCAD memiliki sebuah settingan bernama Island Detection,kita diberi pilihan untuk menggunakanya atau tidak,ingin mengaktifkanya atau tidak,secara default atau bawaan AutoCAD settingan Island detection ini pada posisi aktif / on.

Lalu apa yang dimaksud dengan ISLAND DETECTION pada sebuah arsiran tersebut….?

Island detection adalah sebuah metode atau pengaturan arsiran dalam AutoCAD yang berfungsi untuk mengatur area atau wilayah yang akan diberi arsiran,ini berlaku apabila obyek yang akan diberi arsiran tersebut memiliki obyek bertumpuk / ada beberapa obyek didalam obyek yang lebih besar.


Dengan menggunakan atau mengaktifkan pengaturan island detection ini kita bisa mendapatkan hasil arsiran yang berbeda beda meskipun obyek sama,dan area yang di pilih untuk diarsir juga sama.

Perhatika contoh berikut :
Metode Island Detection pada Arsiran AutoCAD.
Metode Island Detection pada Arsiran AutoCAD.

Keterangan gambar :

metode NORMAL.

Gambar 1 = hasil arsiran tersebut diatas pada gambar 1 menghasilkan sebuah arsiran yang berupa ada area terarsir dan ada area yang tidak terarsir dengan cara dilompati,misalnya area satu terisi arsiran area berikutnya kosong,kemudian selanjutnya terisi,kemudian kosong dan seterusnya metode yang dipergunakan untuk menghasilkan arsiran seperti ini adalah metode NORMAL.

metode OUTER.

Gambar 2 = hasil arsiran pada gambar 2 ini hanya pada area yang kita klik untuk memilih area yang akan kita arsir,maka hasinya pun hanya pada area yang kita pilih saja hasil arsiran akan muncul,sementara untuk area yang lainya tidak muncul, metode yang dipergunakan untuk menghasilkan arsiran seperti ini adalah metode OUTER.

metode IGNORE.

Gambar 3 = hasil arsiran pada gambar 3 ini menghasilkan semua area akan terisi arsiran meskipun yang diklik atau dipilh pada area yang terbesar saja,ini kebalikan dari gambar 2, metode yang dipergunakan untuk menghasilkan arsiran seperti ini adalah metode IGNORE.

Kesimpulan dari ketiga contoh gambar diatas adalah dengan mengaktifkan pengaturan island detection pada saat melakukan proses pengarsiran sebuah gambar menggunakan perintah HATCH kita akan diberi pilihan oleh AutoCAD berupa : metode normal,metode outer dan yang terakhir metode ignore.

Adapun cara menggunakan perintah arsir dengan pengaturan ISLAND DETECTION dapat rekan rekan simak pada tulisan Cara Menggunakan Island Detection pada Arsiran.

Semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:15 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST