Home » » Siapa Lebih Mahir AutoCAD 2D atau 3D.

Siapa Lebih Mahir AutoCAD 2D atau 3D.

Siapa Lebih Mahir AutoCAD 2D atau 3D.

Siapa Lebih Mahir AutoCAD 2D atau 3D.
Siapa Lebih Mahir AutoCAD 2D atau 3D.

Drawing AutoCAD dengan bentuk 3D masih menjadi favorit untuk dipelajari dikalangan pengguna AutoCAD,sampai sampai,bentuk 3D menjadi parameter tingkatan seseorang menguasai atau tidaknya aplikasi autoCAD,istilahnya orang belum bisa dikatakan mahir jika belum menguasai atau belum bisa membuat gambar dalam format 3D.

Pandangan ini sangat bisa dimaklumi karena secara sadar maupun tidak sadar seseorang yang bisa membuat gambar obyek 3D berarti seseorang tersebut mengetahui cara membuat sketch-nya,sudah mengetahui spek ukuran/dimensionya,mengatahui view dsb.

Sementara kita tahu bahwa sebagian besar tool atau perintah membuat gambar 2D antara lain : perintah DRAW, MODIFY 1 , DIMENSION, LAYER, PROPERTIES,VIEW dsb,sedangkan untuk membuat gambar 3D kita sering mempergunakan DRAW,MODIFY 1, VIEW, ORBIT,SOLIDEDITING,dsb..


Kesamaan penggunaan tool atau perintah dalam proses pembuatan gambar 2D dan juga 3D itulah yang banyak kalangan bilang bahwa proses menggambar 3D jauh lebih sulit sehingga memunculkan kesimpulan seseorang yang sudah bisa menggambar benda 3D,orang itu lebih mahir dari seseorang yang hanya bisa menggambar benda 2D....nah gmn menurut rekan rekan semua...

3D vs 2D.

Dengan sangat yakin saya mewakili opini saya pribadi mengatakan bahwa antara pengguna autoCAD 3D dan pengguna AutoCAD 2D tidak bisa mutlak mengatakan pengguna 3D lebih mahir dari pengguna 2D begitupun sebaliknya,apa alasanya saya mengatakan seperti itu...?

Banyak faktor yang menjadikan pengguna AutoCAD 3D lebih bisa dibilang mahir dan mengalahkan pengguna AutoCAD 2D,dan pengguna AutoCAD 2D pun akan bisa dengan lantang mengatakan mereka lebih mahir dibanding pengguna AutoCAD 3D,berikut salah satu alasanya :

Bidang Pekerjaan.

Bidang pekerjaan sangat memperngaruhi opini tentang tingkat kemahiran seseorang pengguna AutoCAD,misalkan saja Arif dan Anto.

  • Arif adalah seorang desain drafter pada sebuah perusahaan dibidang mould injection,sementara anto adalah seorang desain drafter tetapi disebuah perusahaan civil konstruksi,maka jika melihat job descirption atau penjabaran pekerjaan antara anto dan arif sehari hari akan menghasilkan tingkat kemahiran yang berbeda beda meskipun sama sama menggunakan aplikasi autoCAD.
  • Arif akan jauh lebih mahir dengan gambar 3D karena dia akan selalu berhubungan dengan gambar produk yang hanya akan terlihat tampak bentuk aslinya jika dalam format 3D,apalagi ketika proses pembuatan Mould dalam hal ini core + cavity sangat membantu jika format gambarnya dalam bentuk 3D.
  • Anto sudah bisa dipastikan akan lebih menguasai seluk beluk gambar dengan format 2D karena saban harinya dia akan berkutat dengan aktivitas yang ada sangkut pautnya dengan format 2D,mulai dari sketching,detailing,re-draw dsb.

Dari uraian diatas saya simpulkan,tingkat kemahiran seorang pengguna AutoCAD bukan semata mata ditentukan dari kemahiran orang tersebut menggunakan AutoCAD dengan format 3D maupun dengan format 2D,yang saya katakan mahir itu cenderung kearah bagaimana seseorang tersebut eksis dan dipergunakan oleh perusahaan dimana seseorang tersebut bekerja,disitulah seorang tersebut dikatakan mahir.

Ini hanya opini pribadi saya,bagaimana dengan opini rekan rekan AutoCAD Tangerang semua..?


 

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:31 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST