Home » » Array versi AutoCAD lama VS. AutoCAD 2012.

Array versi AutoCAD lama VS. AutoCAD 2012.

Array versi AutoCAD lama VS. AutoCAD 2012.

Metode Array di program autoCAD yang rilis tahun 2012,2013,2014 dan seterusnya telah mengalami perubahan dari rilis sebelumnya yakni tahun 2011,2010 dan seterusnya kebelakang,perubahan yang terjadi pada metode array sebenarnya tidaklah signifikan tetapi jika kita tidak menyadarinya maka kita akan sedikit kseulitan.
Array versi AutoCAD lama VS. AutoCAD 2012.
Array versi AutoCAD lama VS. AutoCAD 2012.
image by. AutoCAD Tangerang

Beberapa perubahan metode array AutoCAD versi 2011 dengan AutoCAD versi 2012.

  • Dialog box.
Pada AutoCAD terbitan tahun 2011 atau sebelumnya,ketika kita memasukan perintah array maka akan muncul Array dialog box yang berfungsi untuk melakukan settingan-settingan array yang kita inginkan,baik rectangular array maupun polar array,tetapi setelah AutoCAD terbitan tahun 2012 kesini ( 2015 ) dialog box tersebut hilang alias tidak muncul dan diganti dengan teks seperti halnya pada command line.

Contoh ; kita akan membuat rectangular array menggunakan AutoCAD tahun 2011 kita tinggal megisi jumlah kolom dan jumlah baris dsb pada dialog box,tetapi jika kita menggunakan AutoCAD 2012 kita perlu mengetikan terlebih dahulu COL untuk kolom baru kemudian mengisi jumlah yang kita inginkan,R untuk Rows dsb.

sedikit rumit memang tapi saya yakin metode ini diciptakan oleh Autodesk demi kemudahan pengguna AutoCAD.

  • Array Path.

Metode array path ini diluncurkan pada AutoCAD terbitan tahun 2012 kesini,sementara untuk tahun-tahun sebelumnya tidak ada tool untuk melakukan array path ( ini versi saya ),jadi dulu saya menggunakan perintah DIVIDE untuk melakukan array path,tapi kini dengan adanya tool array ptah ini saya merasa jauh lebih mudah ketika ingin melakukan array metode path ( baca tutorial Array Path ).

  • Hasil array.

Obyek baru yang didapatkan dari perintah array juga mengalami perbedaan antara array untuk autoCAD versi 2011 dan juga Hasil array dari AutoCAD tahun 2012,yakni hasil array tahun 2011 kesana antara satu obyek dengan obyek yang lain terpisah satu dengan yang lain,tetapi jika obyek dari hasil array tahun 2012 akan menjadi satu kesatuan.

Menjadi satu kesatuan yang dimaksud disini adalah jika kita klik salah satu obyek maka obyek yang lain akan ikut terseleksi,sehingga jika kita ingin melakukan delete terhadap satu obyek maka obyek yang lain akan ikut terhapus,lalu bagaimana caranya agar obyek hasil dari melakukan array pada AutoCAD tahun 2012 bisa dilakukan pengeditan...?

Ikuti tutorialnya dengan judul cara mengedit hasil Array AutoCAD tahun 2012.

Array AutoCAD 2011 atau 2012.

Pertanyaan yang muncul di benak sebagian orang berbeda-beda menanggapi perbedaan metode array dan hasil dari metode array versi tahun tersebut,ada yang bilang lebih gampang tahun 2011,ada yang mengatakan lebih mudah array menggunakan autoCAD tahun 2012,dsb...dsb

Bagaimana dengan anda....?


 

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:59 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST