Home » » Cara Menggunakan Metode Zoom di AutoCAD.

Cara Menggunakan Metode Zoom di AutoCAD.

Cara Menggunakan Metode Zoom di AutoCAD.

Cara Menggunakan Metode Zoom di AutoCAD.
Cara Menggunakan Metode Zoom di AutoCAD.
Image by.Google

Zoom dalam AutoCAD berfungsi untuk melihat obyek dalam area gambar di layar monitor dengan cara membesarkanya atau mengecilkanya,yang sering disebut dengan istilah zoom in dan zoom out,tetapi didalam autoCAD masih banyak lagi cara melihat sebuah obyek gambar tergantung metode zoom yang dipergunakan.

Metode-metode zoom dalam AutoCAD ini memiliki misi tampilan yang berbeda-beda antara metode satu dengan yang lainya,tetapi tetap pada satu tujuan yakni zoom in dan zoom out sebuah obyek gambar pada area drawing di layar monitor.

Mengapa melakukan zoom menggunakan metode tertentu.

Seperti saya utarakan diatas bahwa metode-metode yang ada pada perintah zoom itu memilki hasil tampilan yang berbeda beda,seperti contoh ketika kita akan menampilkan hanya salah satu obyek saja maka kita akan memerlukan metode yang berbeda dengan ketika kita akan menampilkan seluruh obyek dalam satu layar,untuk lebih jalas dan detailnya maka akan saya uraikan beserta tutorial cara menggunakan metode tersebut masing-masing.

Metode-metode zoom dalam AutoCAD.

Banyak jenis dan ragam cara melakukan zoom dalam AutoCAD,bisa menggunakan scroll pada mouse,zoom toolbar,command dan masih banyak yang lainya ( lihat postingan perintah zoom dalam AutoCAD ),tetapi yang akan kita coba untuk mengulasnya adalah zoom yang menggunakan zoom toolbar dan command yang memilki kesamaan baik cara maupun hasil yang ditampilkan.

  • All ( Z+A).

Metode zoom all ini kita akan menghasilkan seluruh obyek yang ada pada sebuah file drawing akan muncul dilayar komputer kita sesuai dengan titik koordinat dimana obyek tersebut pertama dan titik koordinat obyek lain yang pernah dibuat. ( tutorial cara menggunakan zoom metode All ).

  • Center. ( Z+C ).

Metode zoom center ini akan menghasilkan tampilan gambar berdasarkan titik pusat koordinat gambar yakni 0,0,maka metode center ini akan sangat berfungsi jika kita menentukan titik awal sebelum memulai gambar sebuah pekerjaan pada titik koordinat 0,0. ( tutorial cara menggunakan zoom metode center ).


  • Dynamic. ( Z+D ).
Metode zoom dynamic ini akan menghasilkan sebuah hasil pembesaran yang bisa kita ulang ulang sampai mendapatkan tampilan yang sesuai dengan keinginan kita. ( tutorial cara menggunakan zoom metode Dynamic ).


  • Extents ( Z+E ).
Metode zoom extend ini menghasilkan seluruh obyek akan tampil dan termuat dalam satu layar monitor,dengan menggunakan metode ini kita akan menghasilkan tampilan obyek lebih besar atau lebih kecil dari sebelumnya. ( tutorial cara menggunakan zoom metode Extend ).


  • Previous ( Z+P ).
Zoom metode previous ini memiliki tujuan untuk mengembalikan tampilan sebuah obyek seperti semula sebelum kita melakukan perintah zoom,jadi setelah kita melakukan perintah zoom dengan metode apapun dan setelah selesai ingin melihat tampilan semula sebelum di zoom tadi maka menggunakan metode previous inilah salahsatu solusinya. ( tutorial cara menggunakan zoom metode Previous ).


  • Scale ( Z+S ).
Melakukan zoom menggunakan metode scale ini berarti kita akan menghasilkan sebuah gambar obyek yang bisa jadi lebih besar atau bisa jadi lebih kecil,tergantung pada scale factor zoom yang kita masukan apakah lebih besar dari scale factor zoom tampilan sebelumnya atau sebaliknya. ( tutorial cara menggunakan zoom metode Scale ).


  • Window ( Z+W ).
Melakukan perintah zoom dengan menggunakan metode window ini kita akan menampilkan obyek tertentu dalam area gambar berdasarkan kotak area yang kita inginkan,dan kita bisa melakukanya berulang ulang sama area tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. ( tutorial cara menggunakan zoom metode window ).


  • Object. ( Z+O ).
Zoom metode obyek ini bertujuan untuk memperbesar tampilan sebuah obyek tertentu yang telah kita pilih sebelumnya,jadi tampilan yang akan diperbesar hanya obyek yang kita pilih saja. ( tutorial cara menggunakan zoom metode Object ).


  • Real time ( Z+R ).
Metode real time pada saat melakukan zoom seperti halnya ketika kita melakukan zoom dengan menggunakan scroll pada mouse yakni zoom in dengan mendorong roda kedepan dan zoom out dengan mendorong roda scroll kebelakang. ( tutorial cara menggunakan zoom metode Real time ).


  • In.
Metode ini hanya berfungsi untuk melakukan pembesaran tampilan sebuah gambar.


  • Out.
Metode ini hanya berfungsi untuk melakukan pengecilan tampilan sebuah gambar.

Demikian metode-metode zoom yang dapat kita pergunakan untuk melihat tampilan gambar pada area kerja di layar monitor,semoga bermanfaat.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:58 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST