Home » » Tips Belajar AutoCAD dari Buku.

Tips Belajar AutoCAD dari Buku.

Tips Belajar AutoCAD dari Buku.

AutoCAD Tangerang
Tips Belajar AutoCAD dari Buku.

Buku adalah gudang ilmu,buku adalah guru yang tidak pernah marah,buku adalah jendela dunia dsb,pepatah itulah yang paling jelas menggambarkan bagaimana pentingnya buku bagi kehidupan kita semua,begitu juga peran sebuah buku dalam Proses belajar AutoCAD.


Belajar AutoCAD otodidak lewat buku.

AutoCAD Tangerang
Belajar AutoCAD lewat Buku.

Suatu Ketika ada seseorang yang ingin belajar AutoCAD,sementara tempat kursus atau private AutoCAD sangat jauh dari tempat tinggalnya,maka belajar AutoCAD lewat buku-buku tutorial bisa menjadi solusi yang tepat dan paling memungkinkan.

Saat ini sudah banyak sekali buku-buku AutoCAD yang beredar luas dipasaran,bisa kita dapatkan di toko gramedia,ataupun toko buku yang lain,kalaupun sulit untuk menemukan buku-buku tersebut,kita bisa membelinya dari toko buku online,dan yang paling ekonomis adalah photocopy dari buku lama punya orang lain.

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak belajar AutoCAD lewat buku.

Belajar AutoCAD lewat buku memiliki tingkat kesulitan yang relatif,bisa berbeda-beda antara orang satu dengan yang lain,apalagi jika kita tidak mengetahui tips dan cara khusus untuk mempelajarinya.

Beberapa tips belajar AutoCAD dari buku adalah :

  • Belilah buku berdasarkan target yang ingin kita pelajari,misalnya membeli buku AutoCAD untuk furniture bagi mereka yang ingin memiliki kemampuan mendesain benda-benda furniture,buku tutorial AutoCAD electrical untuk mereka yang ingin terjun kedalam dunia kelistrikan dsb,jangan sampai kita ingin belajar AutoCAD untuk kepentingan mendesain rumah,malah kita membeli buku AutoCAD Robotic misalnya tentu kurang maksimal hasilnya.
  • Sesuaikan tingkat kemampuan kita,dari beberapa buku tutorial yang saya miliki,pada cover / sampul belakang akan tertera tabel tingkat kemahiran dari buku tersebut,dengan kata lain untuk siapa buku tersebut di tujukan misalnya tingkat mahir,menengah dan pemula,jika rekan-rekan merasa kemampuanya masih pada tahap pemula jangan paksakan untuk membeli buku tutorial untuk pengguna yang sudah mahir,tentu hasilnya bukan tambah faham malah tambah pusing.
  • Buku tutorial dan buku latihan soal,ini penting juga untuk rekan-rekan ketahui,mana buku yang hanya membahas tentang tutorial dan buku yang berisi hanya untuk latihan gambar,saran saya carilah buku untuk keperluan tutorial dulu baru kemudaian buku tentang latihan soal.
  • Buku baru,buku lama,buku photo copy juga sama bisa kita pergunakan untuk belajar AutoCAD,tergantung dari pribadi kita masing-masing dalam mengamalkan tutorial didalam buku tersebut.
  • Catat kembali,tujuan dari pencatatan kembali tutorial yang pernah kita pelajari dari sebuah buku adalah untuk terus mengingat tutorial tersebut,terlebih kita dalam penulisanya menggunakan bahasa kita masing-masing,bukan semata mengikuti bahasa buku jadi lebih mudah untuk dipahami oleh penulis itu sendiri.
  • Sabar dan berkesinambungan,ini yang menurut saya kunci paling menentukan dalam proses belajar AutoCAD menggunakan buku tutorial,karena biasanya seseorang yang belajar AutoCAD menggunakan media buku gampang sekali bingung,karena tidak ada orang yang bisa kita mintain bantuan,akhirnya kita memilih tool-tool yang mudah dimengerti saja untuk dipelajari sementara tool yang sulit dilewati.
  • Berkesinambungan atau continue adalah selalu melanjutkan dari buku satu kebuku yang lain,dari buku-buku untuk pemula,sampai menengah bahkan mahir dsb.



Demikian tips memilih buku dan cara belajar AutoCAD menggunakan media buku tutorial.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:43 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST