Home » » Bingung Memilih Belajar AutoCAD Atau Software Lain.

Bingung Memilih Belajar AutoCAD Atau Software Lain.

Bingung Memilih Belajar AutoCAD Atau Software Lain.

AutoCAD Tangerang
Bingung Memilih Belajar AutoCAD Atau Software Lain.
Saat ini banyak sekali software atau aplikasi komputer yang bisa dipergunakan untuk menggambar,mendesain sebuah benda,dari yang menghasilkan bentuk 2D sampai 3D.tidak hanya aplikasi AutoCAD seperti yang selama ini masyarakat kenal,ada solidwork,catia,autodesk inventor,dan tidak lupa google sketchup.

Ketika begitu banyaknya software atau aplikasi komputer yang bisa kita pergunakan untuk menggambar tersebut muncul maka tidak jarang malah menimbulkan kebingungan bagi masyarakat guna menentukan pilhan software mana yang akan dipelajari terlebih dahulu,apakah AutoCAD terlebih dahulu atau google sketchup terlebih dahulu baru kemudian yang lain.


Sulit memang menentukan software apa yang akan pertama kita pelajari terlebih dahulu,mungkin sedikit beda dengan saya ketika pada tahun 2004 pertama kali saya memutuskan belajar AutoCAD,pada saat itu saya hanya mengenal AutoCAD,jadi tidak ada pembanding yang bikin saya bingung tentunya,tetapi beberapa tips berikut dapat menjawab keraguan dan kebingungan rekan-rekan tentang pemilihan software yang akan dipelajari pertama.

Pertimbangan sebelum memilih software gambar.

Sebelum memutuskan memilih mempelajari software AutoCAD atau software lain maka beberapa pertimbangan ini bisa membantu,meskipun ini hanya menurut pandangan saya pribadi,tetapi saya juga tidak asal berpendapat,sudah melewati uji pengalaman,cerita dari rekan-rekan sesama Drafter dan juga berdasarkan pengalaman dari rekan-rekan yang memutuskan untuk kursus ditempat saya.

  • Medan Kerja.

Medan kerja,area kerja,ruang lingkup pekerjaan atau job description sangat mempengaruhi aplikasi/software apa yang diperlukan,seorang yang bekerja di bidang arsitektur tentu memerlukan software atau aplikasi yang support terhadap dunia arsitektur,berarti tidak memerlukan tampilan 3D apalgi 3D solid,berbeda dengan seseorang yang bekerja di mold maker maka software/aplikasi yang diperlukan lebih cenderung yang support terhadap 2D sampai 3D. Baca ulasanya : software untuk aplikasi gambar anda.
Jadi setiap jenis pekerjaan atau jenis industri tertentu akan memiliki perbedaan dalam hal penentuan software / aplikasi yang akan dipergunakan,untuk itu bagi rekan-rekan yang ingin memulai belajar software gambar saran saya tentukan terlebih dahulu tujuan atau medan tempur apa yang akan kita perangi,arsitek,civil konstruksi,electrical,mold atau bahkan robotic.
  • Sarana Belajar.

Berbicara sarana belajar tentu kita akan dipertemukan dengan beberapa hal yang sifatnya ekstern atau diluar dari diri kita pribadi,meliputi alat misalnya,seseorang yang ingin belajar software gambar tentu sangat dianjurkan memiliki komputer atau laptop,bukan tidak bisa memulai belajar software gambar tanpa memiliki alat tetapi akan lebih mendukung jika memilikinya.
Memiliki laptop atau komputer tidak serta merta bisa menjawab kebingungan memilih software apa yang akan dipelajari saran saya sesuaikan spek komputer atawa laptop kita dengan aplikasi / software yang akan kita pelajari,alasanya jika kita menggunakan komputer dengan spek rendah untuk belajar software gambar yang menginginkan spek tinggi maka akan mempersulit,alih alih belajar dengan nyaman malah lemot...kan jadi males belajarnya.
  • Media belajar.

Sebelum menentukan software gambar apa yang akan dipelajari saran saya carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang software tersebut,mulai dari buku tutorialnya,video tutorial bahkan sampai informasi tempat kursus / private software tersebut,karena keberadaan mereka sebagai media belajar akan sangat membantu proses belajar kita nantinya.
Jangan memutuskan belajar software gambar tertentu yang masih jarang tutorialnya,masih sulit kita mendapatkan buku-bukunya,bahkan kita kesulitan mencari tempat kurus/private software tersebut,karena harus kita sadari kita masih akan menemui kesulitan-kesulitan yang tidak sedikit,keberadaan media-media tersebut bisa menjadi solusi pemecahanya.
  • Berdo’a pada  sang pencipta.

Setelah menempuh proses seleksi dan pemilihan berdasarakan pertimbangan diatas tentu kita masih harus meyakinkan hati kita dari keraguan dan kebimbangan,cara yang terkhir dan paling besar manfaat dikeudian hari adalah memohon petunjuka dari sang pencipta,TUHAN YME,bagi muslim bisa melakukan shalat istikharah untuk mohon petunjuk tentang kebimbanganya tersebut,semoga kita senantiasa diberi kemudahan jalan menuju kearah yang lebih baik.

Lalu bagaimana pertimbanganya memilih software AutoCAD sebagai pilihan untuk dipelajari..

Software / aplikasi gambar bernama AutoCAD sudah sangat familiar sekali ditelinga masyarakat indonesia,seiring semakin banyaknya dunia-dunia industri yang memanfaatkan aplikasi ini,sehingga memicu animo masyarakat untuk belajar AutoCAD meski ada kekurangan dalam diri software ini tetapi tentu ada kelabihan.

Kelebihan-kelbihan yang dimiliki software AutoCAD inilah yang banyak menginspirasi masyarakat untuk memilih AutoCAD sebagai software yang akan pertama kali dipelajari,seperti halnya saya pribadi,mengani mengapa autoCAD menjadi pilihan untuk dipelajari terutama bagi pemula akan saya tuangkan dalam tulisan dengan judul mengapa memilih AutoCAD.

Demikian ulasan tentang pertimabangan dalam pemilihan software atau aplikasi gambar,mugkin rekan-rekan memiliki pertimbangan lain yang ingin disampaikan atau berdasarkan pengalaman pribadi nanti dengan senang hati akan saya update di postingan ini.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:57 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST