Home » » Cara Membuat Garis Lurus di AutoCAD.

Cara Membuat Garis Lurus di AutoCAD.

Cara Membuat Garis Lurus di AutoCAD.


Dalam proses menggambar menggunakan AutoCAD kita tidak mungkin terlepas dari perintah Line untuk membuat sebuah segmen garis,baik garis vertikal,garis horizontal maupun garis diagonal,walaupun secara acak dan tidak teraturpun kita tidak akan terlepas dari ketiga jenis garis tersebut.

Pengertian garis Lurus.

Garis lurus adalah sebuah garis  yang memiliki unsur panjang dan memiliki sudut tertentu,misanya sebuah garis vertikal akan mengarah pada sudut 90 dan 270 derajat dari sudut 0,garis horixontal akan mengarah pada sudut 0 dan 180 derajat,sedangkan untuk garis diagonal akan memiliki sudut selain dari sudut vertikal dan horizontal,misalnya 30,45,120 dsb.


Cara membuat garis horizontal dan vertikal.

Ada beberapa cara atau metode dalam AutoCAD yang bisa kita pergunakan untuk membuat sebuah garis lurus,baik vertikal,horizontal maupun diagonal.

  • Metode X,Y.

Metode ini sangat membantu untuk membuat garis lurus secara vertikal dan horizontal bukan untuk membuat garis diagonal,karena sudut dan panjang garis miringnya akan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. ( lihat cara membuat Garis vertikal dan Horizontal dengan koordinat relatif ).

  • Metode polar tracking dan autotrck vector.

Membuat garis menggunakan metode ini sebenarnya sangat sulit dan sangat tidak membantu,karena selain memakan waktu yang lama,hasil yang didapatkan juga tidak akan sesuai dengan yang kita inginkan,jadi cara atau metode polar tacking dan autotrack vector ini saya tidak rekomendasikan ( lihat : membuat garis dengan metode polar tracking dan autotrack vector ).

  • Metode Ortho ( F8).

Metode ortho ini sangat membantu para pengguna AutoCAD yang ingin membuat garis lurus secara vertikal maupun diagonal,karena jika fasilitas ortho kita aktifin dalam AutoCAD maka kursor kita hanya akan mengarah kesudut 0 derajat,90,180,270 saja jadi tidak bakal garis yang terbentuk nantinya tidak lurus alias memiliki sudut diluar sudut tersebut diatas.

Dengan mengaktifkan ortho atau tekan tombol f8 maka garis yang terbentuk hanya kearah kanan,kiri,atas dan bawah saja,jadi kita tidak bisa mempergunakan metode ortho ini untuk membuat garis diagonal ( metode ortho untuk garis lurus di autoCAD ).

  • Metode koordinat Relatif ( koordinat Campuran ).

Metode ini sangat cocok dan membantu sekali sehingga saya sangat merekomendasikan metode ini ketika membuat sebuah garis baik vertikal,horizontal maupun diagonal nah untuk lebih jelasnya tentang cara membuat garis dengan metode koordinat relatif dengan judul cara membuat Garis vertikal dan Horizontal dengan koordinat relatif 


Demikian beberapa metode dalam AutoCAD untuk membuat sebuah gari baik garis berbentuk garis vertikal,garis horizontal maupun garis diagonal,mungkin masih banyak lagi cara atau metode yang belum saya ketahui,jika rekan-rekan ada yang mengetahui metode tersebut mohon share dengan cara berkomentar di bawah postingan ini.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:02 AM

4 comments:

  1. masih exis trus ya mas,, dgn tutorial cad nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih gan.....hanya ini je yang bisa saya share...gmn dengan ente boss...

      Delete
    2. sebenernya kerjaan saya ya sehari2 pakai autocad untuk desain2,,,hampir sama lah apa yg kita kerjakan tp mungkin hanya beda jurusan saja. :)

      Delete
    3. hehehe serupa tapi tak sama berarti sodaraku....kalo gak salah ente di bidang arsitektur,kalo saya utk saat ini dibidang mould dan engineering...tetapi bisa saling support ya..

      Delete

RECENT POST