Home » » Cara Membuat View atau Pandangan Sebuah Gambar.

Cara Membuat View atau Pandangan Sebuah Gambar.

Cara Membuat View atau Pandangan Sebuah Gambar.

Cara membuat view atau pandangan terhadap sebuah gambar baik menggunakan AutoCAD atau aplikasi lain sangat berpengaruh terhadap kejelasan pada saat proses membaca gambar tersebut,dengan kata lain jika penyajian gambar tersebut lengkap dan detail maka akan mempermudah bagi siapapun yang akan membaca dan menggunakanya.

Penentuan dan penempatan view atau pandangan inilah yang mesti diperhatikan bagi para pembuat gambar,baik itu pandangan dasar maupun pandangan tambahan,hal yang paling utama diperhatikan adalah menentukan pandangan utama,baru kemudian pandangan-pandangan yang lain untuk memperjelas gambar yang di inginkan.


Pengertian view atau sudut pandang sebuah gambar.

View atau sudut pandang adalah sebuah cara melihat suatu benda berdasarkan sisi tertentu yang akan dijadikan titik fokus pengelihatan dari mata kita,artinya bagaimana cara kita melihat sebuah benda itulah yang disebut dengan view atau sudut pandang.

Melihat sebuah benda dan menyajikanya dalam bentuk gambar di dunia teknik pasti erat kaitanya dengan proyeksi,seperti kita ketahui bahwasanya proyeksi gambar itu terdiri dari dua macam proyeksi yaitu :Gambar proyeksi adalah gambar bayangan suatu benda yang berasal dari benda nyata atau imajiner yang dituangkan dalam bidang gambar menurut cara-cara tertentu. Cara-cara tersebut berkenaan dengan arah garis pemroyeksi yang meliputi sejajar (paralel) dan memusat (sentral). Arah yang sejajar terdiri atas sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar dan sejajar akan tetapi miring terhadap bidang gambar.
  • Proyeksi amerika.
  • Proyeksi eropa.

Untuk Indonesia sendiri menganut proyeksi amerika atau proyeksi pandangan pihak ketiga untuk mengetahui lebih jelas dari jenis proyeksi tersebut rekan-rekan dapat melihat contohnya,ciri-ciri dari kedua macam proyeksi ini dalam postingan saya dengan judul proyeksi sebuah gambar AutoCAD.

View atau sudut pandang dalam AutoCAD.

Menentukan view atau sudut pandang sebuah benda dalam AutoCAD sebenarnya tidak beda pada saat menentukan atau membuat view benda dengan menggunakan aplikasi lain,hanya saja disini saya akan mengulas tentang view pada AutoCAD.

View dalam AutoCAD terdiri dari dua kelompok yakni
AutoCAD Tangerang
view pada AutoCAD

  • Basic view ( pandangan dasar ) pandangan dasar adalah pandangan yang paling mendasar dan paling sering dipergunakan untuk melihat sebuah benda yakni top view,bottom view,front view,back view right view dan left view.baca juga tulisan saya tentang tips menentukan sudut pandang sebuah gambar.
  • Isomteric view yakni sebuah cara pandang terhadap sebuah benda berdasarkan satu titik fokus untuk melihat sebuah benda hampir menyerupai bentuk aslinya atau sejajar dengan garis yang memiliki sudut 30 derajat.

Dari kedua jenis sudut pandang tersebut saling melengkapi demi tercapainya tujuan penyajian sebuah gambar,sehingga tidak terjadi lagi kesalahpahaman dalam proses selanjutnya.

Demikian sekilas tentang view atau sudut pandang terhadap sebuah benda yang akan kita sajikan dalam bentuk gambar/drawing terutama ketika menggunakan aplikasi AutoCAD semoga bermanfaat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:10 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST