Home » » Fenomena Ribbon panel Pada AutoCAD.

Fenomena Ribbon panel Pada AutoCAD.

Fenomena Ribbon panel Pada AutoCAD.

AutoCAD Tangerang
Ribbon Panel AutoCAD versi baru

Aplikasi AutoCAD terus mengalami perubahan,dari tahun pertama munucl sampai tahun terahir rilis yakni AutoCAD 2015,memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lain,dan untuk kali ini saya ingin mengulas tentang ribbon panel pada AutoCAD tepatnya ribbon panel pada AutoCAD 2009,2010,2011,2012,2013,2014,2015.


Pengertian Ribbon pada AutoCAD versi 2009,2010,2011,2012,2013,2014,2015.

Tampilan ribbon panel pada AutoCAD ini sebenarnya sudah lama sekali muncul tepatnya pada AutoCAD yang terbit pada tahun 2009 sampai sekarang ini,sementara pada AutoCAD tahun 2008 dan tahun-tahun sebelumnya ribbon panel  ini belum muncul.

Ribbon panel adalah panel yang berisi toolbar yang telah terkumpul menjadi satu dalam berbagai kategori masing-masing.beberapa kategori ribbon panel  pada autocad 2010 terdiri atas kategori panel Home, Insert, Annotate, parametric, View, Manage, Output, dan Express Tools.

Dengan Panel ribbon anda akan lebih cepat dan effisien mengakses perintah selain dengan shortcut yang anda kuasai. Ribbon panel juga mempermudah anda yang masih awam berkenalan dengan autocad, sehingga jika anda tidak hafal salah satu shortcut autocad.

Namun pemakaian ribbon panel ini tidak selamanya menyenangkan pengguna AutoCAD; Anda harus terbiasa menghapal bagian shortcut perintah yang tertata di dalamnya, seorang yang terbiasa pun dengan aplikasi AutoCAD dengan hadirnya Ribbon ini akan sedikit membingungkan belum lagi keberadaan / eksistensi Ribbon panel ini kinerja PC akan terasa berat.

Toolbar panel.

AutoCAD Tangerang
toolbar panel

Jika kita telah mengatahui bentuk dan tampilan dari ribbon panel pada AutoCAD versi tahun 2009 sampai AutoCAD 2015 saat ini,mungkin bagi rekan-rekan yang ketika memulai belajar AutoCADnya menggunakan AutoCAD versi baru tentu tidak mengalami keheranan dengan tampilan AutoCAD yang muncul,tetapi bagi rekan-rekan yang ketika belajar AutoCAD dulu menggunakan versi lama atau jadul tentu akan terheran-heran ketika melihat tampilan AutoCAD versi baru terutama pada ribbon panelnya.

Apakah lebih mudah menggunakan toolbar panel seperti halnya AutoCAD versi lama atau menggunakan ribbon panel seperti penampakan pada AutoCAD versi baru,setiap orang akan berbeda-beda penilaianya,karena setiap pengguna AutoCAD memiliki cara masing-masing dalam penguasaan AutoCAD.

Jika rekan –rekan ingin mengetahui cara merubah kembali tampilan ribbon panel tersebut menjadi AutoCAD klasik silahkan kunjungi tulisan saya tentang cara merubah tampilan menjadi AutoCAD klasik atau saatnya berubah dari ribbon panel menjadi AutoCAD classic dan sebaliknya.

Jika saya pribadi nyaman dengan AutoCAD klasik alias toolbar panel,bagaimana dengan anda...?

 

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:33 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST