Home » » Proyeksi dan Penyajian Gambar.

Proyeksi dan Penyajian Gambar.

Proyeksi dan Penyajian Gambar.

Seperti sebelunya saya pernah mengulas tentang view dalamAutoCAD,kali ini saya ingin menuliskan tentang proyeksi dan penyajian gambar,mulai dari pengertian proyeksi,jenis-jenis proyeksi,perbedaanya dan symbol proyeksi serta proyeksi apa yang dipergunakan oleh bangsa Indonesia dalam proses penyajian gambar .

Pengertian Proyeksi.
Gambar proyeksi adalah gambar bayangan suatu benda yang berasal dari benda nyata atau imajiner yang dituangkan dalam bidang gambar menurut cara-cara tertentu. Cara-cara tersebut berkenaan dengan arah garis pemroyeksi yang meliputi sejajar (paralel) dan memusat (sentral). Arah yang sejajar terdiri atas sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar dan sejajar akan tetapi miring terhadap bidang gambar.

Berdasarkan arah garis pemroyeksi tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis pemroyeksi yang sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis pemroyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan proyeksi Oblik (miring). Sementara garis pemroyeksi yang memusat (sentral) terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.

Jenis-jenis proyeksi :

  • Proyeksi Piktorial adalah suatu cara menampilkan gambar secara tiga dimensi dalam dalam suatu bidang gambar (dua dimensi). Proyeksi piktorial dapat dilakukan dalam beberapa macam cara proyeksi sesuai dengan aturan menggambar. Beberapa cara macam proyeksi piktorial anatara lain :

  1. Proyeksi Piktorial Isometris
  2. Proyeksi Piktorial Dimetri
  3. Proyeksi Piktorial Miring
  4. Gambar Perspektif

  • Proyeksi Ortogonal berbeda dengan proyeksi piktorial. Bila proyeksi piktorial menampilkan benda secara tiga dimensi dalam satu bidang (satu sudut pandang), maka proyeksi ortogonal menampilkan secara dua dimensi dari beberapa sudut pandang. Proyeksi ini dibagi menjadai dua, yaitu proyeksi kuadran I atau proyeksi eropa dan proyeksi kuadran III atau proyeksi amerika.

Proyeksi Amerika dan Proyeksi Eropa.
Menyajikan sebuah gambar menggunakan proyeksi orthogonal akan menganut salah satu dari jenis proyeksi amerika atau eropa,proyeksi amerika atau sering disebut dengan proyeksi kuadran III sedangkan untuk proyeksi eropa disebut dengan proyeksi kuadran I,bahasa lain dari kedua jenis proyeksi tersebut adalah pandangan pihak ketiga untuk proyeksi amerika dan pendangan pihak pertama untuk proyeksi eropa.

Kedua jenis proyeksi tersebut memilki perbedaan yang sangat mencolok adalah penempatan / peletakan hasil dari sudut pandangnya,jika proyeksi amerika akan meletakan view kanan pada sisi kanan view utama,sedangkan proyeksi eropa sebaliknya,sehingga bagi seseorang yang belum terbiasa dengan proyeksi eropa akan sering mengalami kendala,karena peletakanya yang terbalik.
Perhatikan contoh gambar dibawah ini :
AutoCAD Tangerang
Proyeksi Eropa
image by.google
AutoCAD Tangerang
proyeksi Amerika
image by.Google

Penyajian gambar.

Setelah kita melewati proses menggambar menggunakan proyeksi dari salahsatu proyeksi tersebut maka proses selanjutnya adalah penyajian gambar,baik menggunakan file langsung ( soft Copy ) maupun menggunakan hard copy alias penyajian gambar dalam bentuk kertas.

Dalam penyajian sebuah gambar yang nantinya akan dipergunakan oleh orang lain harus memiliki informasi yang benar-benar komplit,bahkan sampai kepada bagaimana cara pendang yang dipergunakan yakni apakah proyeksi amerika atau proyeksi eropa,untuk menghindari kesalahpahaman tentang proyeksi yang dipergunakan terhadap sebuah gambar maka kita bisa melihat symbol atau lambang dari kedua jenis proyeksi tersebut. Seperti ini lambing atau symbol yang dipergunakan oleh kedua jenis proyeksi orthogonal tersebut.
AutoCAD Tangerang
simbol Proyeksi
image by.google


Kesimpulan :

Dalam proses membuat sebuah gambar teknik tidak boleh terlepas dari proyeksi atau sudut pandang terhadap suatu benda baik menggunakan proyeksi amerika atau proyeksi eropa,sehingga gambar atau sket yang telah kita buat dapat dibaca dengan jelas oleh sipengguna gambar teknik tersebut dan agar supaya benda yang dihasilkan akan sesuai dengan keinginan kita.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:25 PM

2 comments:

  1. Penjelasan materi yang bagus, Pak. Permisi, saya mohon ijin untuk menggunakan materi dan gambar di website Bapak untuk soal ujian kami ya Pak. Terima kasih banyak Pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ookh silahkan bang ricky eka putra..silahkan jika bermanfaat

      Delete

RECENT POST