Home » » Sertifikat AutoCAD Perlu atau Tidak…?

Sertifikat AutoCAD Perlu atau Tidak…?

Sertifikat AutoCAD Perlu atau Tidak…?

Beberapa minggu terakhir ini saya banyak sekali SMS yang masuk ke HP saya menanyakan tentang jasa kursus dan private yang saya kelola,dari sekian pertanyaan yang muncul adalah tentang sertifikat,apakah belajar AutoCAD ditempat saya akan mendapatkan sertifikat kelulusan nantinya jika sudah selesai masa belajarnya.

Sebuah dilema memang ketika saya harus menjawab pertanyaan seperti itu,karena secara jujur saya katakana ditempat belajar saya sebenarnya tidak menyediakan atau mengeluarkan sertifikasi AutoCAD karena beberapa pertimbangan baik dari segi biaya dan juga dari segi manfaatnya,tetapi jika rekan-rekan yang memang menginginkan sertifikasi tersebut saya bisa membantu mengeluarkanya menggunakan nama sebuah lembaga kursus yang memang mengeluarkan sertifikasi kursus dan kebetulan saya sebagai tutor atau pembimbing di lembaga kursus tersebut.


Jika rekan-rekan memang menginginkan sertifikat tersebut maka dengan sangat terpaksa saya katakana biaya pembuatan sertifikat tersebut ditanggung sendiri oleh siswa,berarti diluar biaya kursus saya yang telah saya tetapkan saat ini.
AutoCAD Tangerang
sertifikat AutoCAD.
image by.google

Perlunya sertifikat AutoCAD.

Saya akui secara jujur,memiliki sertifikat AutoCAD banyak juga manfaat yang bisa didapatkan,baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang di masa yang akan datang,beberapa manfaat dari memiliki sertifikat AutoCAD adalah :
  • Legalitas dan bukti yakni dengan memiliki sebuah sertifikat keterampilan AutoCAD maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut memang pernah mengikuti pelatihan AutoCAD,terlepas dari mahir atau tidaknya mempergunakanya,karena tidak sedikit perusahaan yang ingin melakukan rekrutmen karyawan baru akan melihat sertifikat-sertifikat pelatihan yang pernah di ikuti oleh pelamar kerja tersebut.
  • Kepercayaan diri,dengan memiliki sertifikat pelatihan AutoCAD dapat menjadikan seseorang lebih confidence alias percaya diri untuk melamar pekerjaan,ini kaitanya juga dengan point legalitas dan bukti yang saya tuliskan diatas.
  • Daya tawar dan daya saing,masih sekitar kaitan keterampilan AutoCAD dengan lowongan pekerjaan dan juga jenajang karir,dengan memiliki sertifikat AutoCAD seseorang dapat mengajukan review gaji yang selama ini diterima,jika sebelum memiliki sertifikat mungkin kita di gaji UMR maka seteah memiliki sertifikat bukan tidak mungkin perusahaan akan bersedia membari gaji lebih karena kemampuan AutoCAD yang dimilki tersebut.
  • Kenang-kenangan dan motivasi,memiliki sertifikat keterampilan AutoCAD bisa menjadi cindera mata atau kenang-kenangan yang tidak ternilai harganya,dengan sertifikat tersebut kan menjadikan pemilik setifikat tersebut selalu ingat bahwa pernah belajar AutoCAD,dibelakang hari bukti dari sertifikat tersebut juga dapat memacu semangat / motivasi bagi generasi-generasi berikutnya misalkan anak cucu kita.

Baca kisahnya keuntungan dan kerugian menjadi seorang Drafter AutoCAD

Kerugian atau dampak buruk memiliki sertifikat AutoCAD.

Selain memiliki manfaat dan kegunaan yang tidak sedikit,memilki sertifikat keterampilan AutoCAD juga bisa berdampak buruk bagi seseorang yang sedang belajar aplikasi AutoCAD.beberapa diantaranya adalah :
  • Cepat puas dan over confidence,mereka orang-orang yang memiliki sertifikat pelatihan AutoCAD sering terjebak dengan kapuasan yang sifatnya semu,mereka beranggapan dengan memiliki sertifikat AutoCAD berarti tugas mereka untuk terus belajar AutoCAD sudah selesai sehingga justru dengan adanya sertifikat tersbut bisa menjadi boomerang bukanya semakin maju malah menjadi stagnan alias terhenti kemampuanya.
  • Kelebihan percaya diri atau over confidence,seseorang yang memiliki sertifikat AutoCAD merasa orang yang paling mahir menggunakan AutoCAD,akibatnya timbul prilaku menyepelekan orang lain yang tidak memiliki sertifikat,ini akan berakibat fatal karena ketrampilan AutoCAD bukan masalah sertifikat melainkan implementasi dalam tindakan yang nyata,buat apa memilki sertifikat keterampilan AutoCAD jika skill yang dimiliki hanya pas-pasan mendingan tidak memiliki sertifikat tetapi memilki kemampuan yang mumpuni,yaaa lebih baik lagi sich memiliki sertifikat dan juga memiliki skill mumpuni,betul kan..

Kesimpulanya :
Memiliki sertifikat keterampilan menggunakan AutoCAD dapat bermanfaat bagi pemiliknya jika dipergunakan dan dimanfaatkan secara benar,tetapi akan menjadi boomerang alias senjata makan tuan jika kita lengah,sombong dalam memanfaatkanya,memiliki keterampilan AutoCAD itu yang utama,jika bisa dan mampu untuk mendapatkan sertifikat itu jauh lebih baik.

Perusahaan penerima tenaga kerja drafter AutoCAD pun tidak serta merta menjadikan kepemilikan sertifikat AutoCAD sebagai tolok ukur penerimaan,karena akan melewati sebuah proses pengujian dan pengetesan yang nyata,kembali lagi pikirkan dan renungkan :
  • Apakah sertifikat yang di kejar dalam proses belajar AutoCAD…?
  • Apakah keterampilan menggunakan AutoCAD yang anda kejar..?

Jika pertanyaan nomor 2 yang rekan-rekan pilih maka dengan senang hati saya bersedia membantu menjadikan anda memiliki keterampilan menggunakan AutoCAD,tunggu apalagi hubungi segera saya di nomor 08561743250 atau melalui kolom komentar di blog ini disertakan kontak person anda.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:23 PM

4 comments:

  1. saya sangat terinspirasi dengan Artikel yang bapak tulis...terimakasih..
    somoga sukses pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali dizar smart..semoga sukses juga untuk misi yang sama di tempat yang berbeda..

      Delete
  2. saya sangat setuju penjelasan diatas mengenai perlu atau tidak perlunya sertifikat untuk dimiliki. Secara pribadi lebih baik ahli/ menguasai dan tidak ada sertifikat dari pada Bersertifikat tapi tidak menguasai. Idealnya menguasai dan bersertifikat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pak safiudin tajudin..mudah2an ini dapat menginspirasi rekan rekan smua,jika ingin belajar AutoCAD jangan melulu mengejar sertifikat,tapi yang lebih penting adalah skill dan kemampuanya..hehehe

      Delete

RECENT POST