Home » » AutoCAD for Stamping Design.

AutoCAD for Stamping Design.

AutoCAD for Stamping Design.

Judul ini sengaja saya pilih bukan berarti sok kebarat-baratan,padahal kemampuan bahasa inggris saya masih nol besar,tetapi dengan judul ini mungkin akan lebih familiar bagi mereka yang usaha dibidang stamping plate,jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia judul tersebut adalah mendesain produk stamping menggunakan AutoCAD..

Mendesain sebuah produk yang menggunakan proses stamping untuk pembuatanya ini bermula pada beberapa waktu yang lalu ada seseorang yang datang kepada saya berniat untuk kursus AutoCAD secara private,setelah saya menanyakan apa tujuan kedepanya jika sudah belajar menggunakan AutoCAD,beliau menjawab bahwa dia akan mendesain produk-produk yang di proses dengan stamping bahkan beliau sertakan contoh-contoh gambar dan produk yang telah jadi,sedangkan selama ini beliau hanya berdasarkan coretan manual saja untuk proses tersebut.


Setelah memperhatikan gambar dan juga produk jadi yang ada saya mengatakan,jika ini yang menjadi tujuan anda untuk belajar AutoCAD,dengan izin TUHAN saya berusaha membantu sampai anda bisa menggambar dan mendesain produk-produk tersebut menggunakan AutoCAD,sehingga hasil gambar dan desain jadi lebih jelas,meminimalisir kesalahan baca gambar,dan terahir tentu dapat meningkatkan produktifitas anda dalam dunia stamping.

Akhir kata,pertemuan malam itu menghasilkan kesepakatan bahwa beliau siap belajar AutoCAD di tempat saya dan rilis jadwal pertemuan berikutnya pun sudah ditentukan,semoga semua diberi kelancaran dalam proses belajar mengajar nantinya,diberikan kecerahan pikiran sehingga tujuan untuk bisa mendesain produk stamping menggunakan AutoCAD dapat terlaksana...
AutoCAD Tangerang
AutoCAD for Stamping Design.

Pengertian Proses Stamping.

Stamping process adalah proses pencetakan metal secara dingin dengan menggunakan dies dan mesin press umumnya plate yang dicetak, untuk menghasilkan produk sesuai dengan yang dikehendaki.
Sementara untuk jenis-jenis proses stamping ada :
  1. Step forming dies adalah proses pencetakan satu- satu, artinya setiap step proses stamping dilakukan oleh 1 dies, 1 mesin, 1 operator. sehingga pada konsep ini jika diperlukan proses stamping untuk 5 step, akan diperlukan 5 dies, 5 mesin press dan 5 operator.
  2. Progresive dies adalah Proses pencetakan / stamping dilakukan semua proses dalam satu dies.Seluruh proses dilakukan dalam satu dies, sehingga sekali cetak produk akhir sudah langsung didapatkan.
  3. Trasfere dies : adalah proses stamping gabungan antara step forming dan progresive, artinya proses stamping dilakukan secara step by step ( satu satu) dengan mekanisme mesin dilakukan proses transfere dari satu step ke step berikutnya, dan akan didapatkan produk jadi pada satu mesin tsb.

Kata-kata unik dalam dunia stamping.
  • Dies :
  • Material Dies yang dipergunakan adalah : umumnya special alloy stell, yang bisa dilakukan proses hardening sampai kekerasan HRC diatas 60, misalnya : DC 53, SKD 11, dll
  • Ada beberapa bagian dies yang penting : Misalnya cavity, Guide Post, Upper plate, Lower Plate.
  • Mesin Press :
  • Mesin press sendiri banyak sekali macamnya, yang paling penting untuk mesin press adalah tingkat kepressian stroke dan kapasitas tonase, kapasitas tonase dari yang terkecil dibawah 1 ton sampai dengan yang terbesar ratusan bahkan ada yang ribuan ton.
  • Kapasitas yang kecil tentu saja untuk produk yang kecil, semakin besar maka semakin besar pula produk yang bisa dibikin.
  • Material plate :
  • Material yang dipergunakan untuk proses stamping ini umumnya adalah material yang mempunyai kekerasan yang rendah , bisa juga dikatakan material golongan low carbon steel, material golongan low carbon steel ini mudah ditekuk, ditekan, dan dibentuk.
  • Contohnya yang banyak dipergunakan adalah : SS41P.


Demikian tentang menjadikan AutoCAD sebagai alat mendesain produk yang akan dihasilkan dari proses stamping,sekaligus pengertian dan jenis-jenis proses stamping yang saya ketahui,semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:41 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST