Home » » Cara Memberi Keterangan Lobang Baut yang di Drat.

Cara Memberi Keterangan Lobang Baut yang di Drat.

Cara Memberi Keterangan Lobang Baut yang di Drat.

Menggambar sebuah lobang menggunakan perintah circle dalam AutoCAD memiliki banyak tujuan salahsatunya adalah lingkaran terebut menandakan titik penempatan baut,sedangkan letak penempatan baut itu sendiri masih terbagi menjadi dua kemungkinan,apakah lingkaran tersebut bermaksud lobang biasa ( hole ) atau lobang yang perlu untuk di TAP guna menghasilkan ulir ( drat ).



Tujuan memberi keterangan pada lobang baut.

Pada saat kita menggambar sebuah titik penempatan baut baik hole maupun drat tentu harus ada perbedaan keterangan antar keduanya,karena jika tidak jelas keteranganya maka sering kali akan terjadi kesalah pahaman antara lobang yang perlu untuk di TAP atau tidak perlu di drat.

Untuk menghindari kesalah pahaman tersebut kita perlu mengetahui bagaimana cara memberi simbol atau keterangan pada sebuah gambar lobang apakah akan menjadi hole biasa atau hole yang di ulir.

Beberapa cara memberi keterangan ulir.

Dengan tujuan menghindari kesalah pahaman terhadap sebuah gambar lobang maka kita harus memberikan keterangan sedetail dan selengkap mungkin terhadap lobang tersebut,hal-hal yang perlu untuk disertakan dalam pemberian keterangan terhadap sebuah lobang untuk penempatan baut adalah :
  • Diameter,pemberian lambang diameter ini bertujuan untuk bentuk lobang yang tidak mengalami proses TAPING atau penguliran terkadang juga bisa di tandai dengan tulisan TRUE HOLE.

  • Jenis dan ukuran TAP,ini bertujuan untuk memberikan keterangan jenis ulir yang akan dipergunakan misalnya INCHI,METRIC dan sekaligus jenis TAP yang dipergunakan.

  • Mur keterangan ini jika baut yang dipergunakan perlu untuk di sertakan penguncian menggunakan MUR yang tentunya harus sesuai dengan jenis dan ukuran baut yang dipergunakan.
  • Spring Washer atau flat Washer keterangan inipun bertujuan jika baut yang akan dipergunakan menyertakan penggunaan spring washer atau flat washer ( ring per dan ring plat ).



Dengan keterangan-keterangan yang telah kita berikan tersebut bisa dipastikan bahwa proses penerjemahan gambar sebuah lobang ( lingkaran ) tidak akan terjadi kesalah pahaman,apakah itu hanya lobang biasa,lobang yang perlu di drat dan jenis baut apa yang akan dipergunakan sehingga tidak akan mengganggu proses selanjutnya.


Demikian seklias tentang pemberian keterangan pada sebuah lobang baut dalam dunia gambar teknik,semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 7:47 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST