Home » » Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Menggunakan AutoCAD.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Menggunakan AutoCAD.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Menggunakan AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang tentu sudah tidak asing lagi dengan lantai yang dilapisi keramik,baik yang berukuran 20x20cm,30x30cm sampai yang berukuran 60x60cm atau ukuran-ukuran keramik lainya,lalu apa kaitanya dengan tutorial AutoCAD yang akan saya tuliskan kali ini dengan judul cara menghitung kebutuhan keramik menggunakan AutoCAD ikuti kisahnya berikut ini.

Sore tadi saya menyempatkan bersilaturrahmi kerumah rekan saya yang berada di perumahan Bidara Tangerang,setelah ngobrol kesana-kemari munculah pertanyaan dari rekan saya tersebut tentang bisa tidak menggunakan AutoCAD untuk menghitung kebutuhan keramik dari lantai teras rumahnya yang akan dibangun,dengan sigap saya menjawab sangat bisa kenapa tidak,AutoCAD memang support untuk meng-estimasi kebutuhan material dalam hal ini keramik terhadap sebuah lantai yang akan dibangun.


Persiapan-persiapan yang perlu dilakukan.

Untuk menghitung kebutuhan keramik pada lantai yang hendak dibangun hal yang perlu dilakukan secara manual adalah :
  • Data ukuran laintai,ukurlah terlebih dahulu lantai yang akan dipasangi keramik  jika memang kita belum mengetahui ukuran dari lantai tersebut,karena luas area lantai tersebut kunci dari penghitungan akan kebutuhan keramik yang akan dipergunakan.
  • Ukuran keramik,setelah melakukan proses pengukuran lantai selanjutnya tentukan jenis/ukuran keramik yang akan dipergunakan untuk melapisi lantai tersebut pakah ukuran 20x20cm,30x30cm dan lain sebagainya.

Menghitung area lantai menggunakan AutoCAD.

Setelah proses pengukuran lantai dan menentukan jenis/ukuran keramik yang akan dipergunakan,selanjutnya kita tinggal mengaplikasikan data-data tersebut kedalam AutoCAD.adapun proses-prosesnya sebagai berikut :
  • Drawing / sketsa denah lantai yang akan kita pasangi keramik tersebut kemudian menghitung area luas lantainya menggunakan AutoCAD,masih ingatkah postingan saya terdahulu tentang cara menghitung luas area dalam AutoCAD..?

Cara menghitung luas area dalam AutoCAD.

Perhitungan kebutuhan keramik menggunakan AutoCAD bisa dilakukan dengan cara sbb :
  1. Rectangular Array,memanfaatkan tool atau perintah rectangular array untuk menghitung kebutuhan keramik lantai adalah sbb:
  2. Gambarlah sket lantai seperti dijelaskan diatas.
  3. Buatlah kotak menggunakan perintah rectangle dengan ukuran seperti jenis keramik yang akan dipergunakan ( 20x20cm dsb ).
  4. Lakukan perintah rectangular array sampai semua area sket tersebut tertutupi semua oleh gambar kotak yang telah kita persiapkan seperti diatas.
  5. Hitunglah kotak-kotak yang menutupi area drawing lantai.
  6. Nah jumlah kotak itulah impelemntasi dari keramik yang dibutuhkan,tinggal kita tambahkan jumlahnya sebagai keramik cadangan.

Area lantai.
  • Hitunglah area lantai yang akan dipasangi keramik menggunakan AutoCAD baik menggunakan metode arsir,properties maupun inquiry ( lihat cara menghitung luas area menggunakan AutoCAD )
  • Hitunglah area keramik yang akan dipergunakan dengan cara mengalikan panjang dan lebar keramik tersebut.

Rumus Menghitung Kebutuhan Keramik pada lantai.

Setelah proses kedua langkah diatas selesai maka tinggal memasukan rumus perhitunganya sbb :

AutoCAD Tangerang
Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Menggunakan AutoCAD.

Contoh :
  • Ukuran lantai adalah 1m x 1m
  • Ukuran keramik adalah 25 x 25cm

Maka :
  • Luas area lantai adalah 1000 x 1000mm   = 1.000.000mm
  • Luas area keramik adalah 250 x 250mm  = 62500.

Jadi :

  • Hasil dari perhitungan sebuah lantai dengan ukuran 1 x 1m jika di isi dengan keramik dengan ukuran 25 x 25 cm adalah 16 Pcs.


Demikian cara menghitung kebutuhan keramik pada sebuah lantai menggunakan aplikasi AutoCAD,cara ini juga dapat diergunakan untuk menghitung keramik dinding,kolam renang,plafon ,lantai dsb.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:07 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST