Home » » Checking Fixture dalam Dunia Molding.

Checking Fixture dalam Dunia Molding.

Checking Fixture dalam Dunia Molding.

Untuk menghasilkan sebuah produk yang baru kita membutuhkan adanya mold atau sering disebut juga dengan cetakan,baik mold Injection Plastic,mold rubber,mold Styrofoam dsb,sehingga kita bisa mendapatkan benda-benda yang baru sesuai dengan desain yang kita buat sebelumnya.

Setelah produk jadi maka proses selanjutanya adalah melakukan dimensi inspection,yakni melakukan pengukuran-pengukuran terhadap produk yang baru saja kita cetak,baik secara manual menggunakan vernier caliper atau dengan menempatkan produk pada jig ( checking Fixture ).

AutoCAD Tangerang
Checking Fixture 

Pengertian jig atau checking fixture.

Checking Fixture adalah sebuah alat khusus yang digunakan untuk menempatkan dan menahan dengang kuat sebuah benda kerja dalam posisi yang tepat selama operasi manufaktur. Pada umumnya fixture disertai dengan alat untuk menahan dan menjepit benda kerja. Selain itu, bisa juga memiliki perangkat untuk memandu alat sebelum atau selama operasi.

Jig atau Fixture dalam bahasa inggris adalah Checking fixture is one name of inspection tooling. It is a scale to measure complicated shape parts. It is an order made item.

Fungsi dari Jig atau check Fixture.

Jig atau check fixture ini memiliki tujuan utama yaitu sebagai benda penepat terhadap sebuah produk yang baru saja di produksi sehingga dapat terlihat bagaimana fungsi dan posisi produk tersebut pada saat proses assembling nanti.

Selain dari tujuan diatas menggunakan jig atau checking fixture memiliki banyak sekali manfaat yang tanpa kita sadari dapat meminimalisir kesalahan baik dari bentuk maupun dari segi ukuranya,diantaranya adalah :
  • Posisi produk pada saat assembling akan langsung terlihat.
  • Point-point yang menjadi point kritis untuk selalu diperhatikan.
  • Kemiringan,ketebalan dsb yang bisa di toleransi dimensinya.
  • Dsb.

Demikian sekilas info tentang jig atau checking fixture yang sering diperlukan untuk produk-produk part dalam industry otomotif yang sekarang ini sudah semakin berkembang pesat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:20 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST