Home » » Crosshair size dalam AutoCAD.

Crosshair size dalam AutoCAD.

Crosshair size dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD semua,sudah membaca tulisan saya sebelumnya tentang pengertian,kegunaan dan cara merubah ukuran crosshair cursor kan...tentu akan muncul beberapa pertanyaan mengenai crosshair cursor diantaranya yang paling sering saya dengar adalah berapa ukuran ideal dan apa dampaknya jika merubah ukuran crosshair cursor ( crosshair size ) dalam AutoCAD.


Crosshair size ideal.

Sesuatu yang ideal tentu akan memberi dampak yang baik,nyaman,tidak merepotkan dsb,begitu juga kaitanya dengan crosshair size,jika kita menentukan ukuran besarnya crosshair tersebut dan merasa nyaman dalam penglihatan kita,membantu proses menggambar inilah yang saya namakan ideal.


Ukuran crosshair cursor yang ideal tentu setiap pengguna AutoCAD berbeda-beda,saya sering melihat sendiri perbedaan crosshair size yang mereka pergunakan,secara garis besar ada 3 ukuran crosshair cursor yang sering dipergunakan yakni :
  • Besar,dalam hal ini crosshair size hampir lebih dari angka 50 keatas,bahkan ada yang full alias ukuranya 100 sehingga crosshair cursor seperti tak terbatas pada layar monitor ( drawing area ).
Crosshair size besar

  • Sedang,seseorang yang menggunakan crosshair size tingkat sedang ini masih dibawah ukuran 50,yang lebih sering di angka 10,15 sampai 20,( kalau saya pribadi selalu menggunakan crosshair size pada angka 10.
Crosshair size Sedang.

  • Kecil,melakukan settingan crosshair size pada angka dibawah 10 termasuk dalam kategori kecil.
AutoCAD Tangerang
Crosshair size kecil


Dari ketiga kelompok ukuran crosshair cursor mana yang menurut rekan semua ideal,jawabanya tentu pada diri pengguna masing-masing orang.

Dampak dari crosshair size.

Menentukan ukuran cursor dengan bentuk yang besar,sedang maupun kecil tentu ada dampaknya,bisa jadi dampak yang baik,bisa juga menjadikan dampak yang buruk,seperti uraian singkat saya berikut :
  • Besar,jika memutuskan menggunakan crosshair size dengan ukuran besar bahkan full,maka yang anda dapatkan adalah cursor seperti memenuhi drawing area,sehingga terkadang sebagian orang merasa terganggu,padahal ada nilai positifnya dengan menggunakan ukuran crosshair cursor dengan angka yang besar karena garis cursor tersebut bisa langsung dijadikan acuan ketika menarik garis yang sejajar dengan sumbu X maupun Y,terlebih pada saat kita melakukan proses detailing penggunaan crosshair size besar ini sangat membantu.
  • Kecil,ini kebalikan dari crosshair size besar,maka dengan ukuran kecil memang drawing area terlihat tidak terhalangi oleh garis crosshair cursor,tetapi kita akan kesulitan pada saat akan melakukan selection object,blocking dsb.
  • Sedang,untuk ukuran sedang ketika memilih crosshair size tentu sudah tidak perlu dijelaskan secara detail karena akan terlihat lebih nyaman,tidak menghalangi pandangan pada saat proses,dan tidak terlalu menyulitkan ketika melakukan selection object.


Nah bagaimana rekan autoCAD tangerang semua sudah ketemu ukuran crosshair cursor ideal anda....?
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:33 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST