Home » » Membuat Bill of Material di AutoCAD.

Membuat Bill of Material di AutoCAD.

Membuat Bill of Material di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua tentu pernah mengerjakan sebuah project, baik project skala kecil,menengah bahkan mega proyek sekaligus,nah sebelum memulai sebuah proyek kita akan dihadapkan pada sebuah proses bernama estimasi material yang akan dipergunakan setelah proses estimasi selesai kita akan membuat Bill Of Material ( BOM ) guna pengadaan barang yang harus dipersiapkan.

Membuat Bill Of Material yang sering disingkat dengan BOM memiliki fungsi utama untuk proses pengadaan kelengkapan material,baik material utama maupun material penunjang dalam sebuah pengerjaan proyek,sehingga tidak akan menghambat jalanya proses pengerjaan nantinya,lalu apa sich detail dan jelasnya tentang BOM tersebut....?

AutoCAD Tangerang
Bill Of Material

Pengertian Bill Of Material.

  • Bill of Material (BOM) adalah definisi produk akhir yang terdiri dari daftar  item, bahan, atau material  yang  dibutuhkan  untuk merakit, mencampur  atau memproduksi  produk akhir. 
  • Bill of Material (BOM) adalah inti dari semua sistem manufaktur. Bisa diandaikan dalam membuat sebuah masakan BOM adalah resepnya. Tanpa mengetahui resep sebuah masakan bagaimana bisa membuat suatu masakan yang enak??
  • Bill of Material adalah kumpulan atau daftar segala keperluan baik keperluan material,tenaga Pekerja sampai waktu pengerjaan mulai dari hal-hal kecil sampai hal-hal utama yang saling terkait satu dengan yang lain guna proses lebih lanjut dalam pembuatan sebuah produk.


Jenis-jenis Format pembuatan BOM

Setelah kita mengetahui definisi dan fungsi dari bill of material maka kita perlu mengetahui jenis-jenis atau bentuk format BOM tersebut,secara sepintas BOM terdiri dari :
  • Phantom Bill
  1. Untuk meterial yang tidak disimpan.
  2. Tidak dibuat planned order.
  3.  Lead time = 0
  4. Lot size = Lot for lot
  • Modular Bill
  1. Digunakan jika suatu produk akan dijual dengan sejumlah option yang berbeda.
  2. BOM Explosion akan menghitung kebutuhan kotor untuk masing-masing komponen.
  • Pseudo Bill
  1. Disebut sebagai composite product
  2. Diciptakan untuk memudahkan dan meningkatkan akurasi peramalan penjualan, mengurangi jumlah end item, dll.

Untuk lebih jelas dan detail tentang BOM silahkan anda mengunjungi situs-situs yang jago tentang BOM,soalnya saya sedang dalam taraf belajar...

Membuat BOM dengan AutoCAD.

Membuat laporan BOM dapat menggunakan banyak aplikasi program komputer,misalnya excel,mocrosoft word,microsoft powerpoint dsb,begitu juga kita bisa menggunakan aplikasi AutoCAD untuk membuat laporan BOM tersebut.

Membuat laporan BOM menggunakan AutoCAD sebenarnya tidak sulit karena kita tak ubahnya membuat BOM seperti pada aplikasi windos lainya,tool / perintah utama pembuatan laporan BOM menggunakan AutoCAD adalah perintah TABLE.

Silahkan kunjungi postingan saya tentang cara membuat Tabel dalam AutoCAD.

Demikian sekilas tentang definisi,fungsi dari Bill of Material dan cara membuatnya menggunakan AutoCAD,semoga dapat bermanfaat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:16 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST