Home » » Mengenal Crosshair Cursor dan Cara Merubah Ukuranya.

Mengenal Crosshair Cursor dan Cara Merubah Ukuranya.

Mengenal Crosshair Cursor dan Cara Merubah Ukuranya.

Rekan AutoCAD tangerang semua tentu sudah tidak asing dengan penampakan sebuah tanda silang berbentuk tambah ( plus ) dengan kotak kecil ditengah-tengahnya,yap itulah yang dinamakan crosshair cursor dalam dunia AutoCAD,untuk lebih detailnya saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian crosshair cursor tersebut sebelum memasuki materi selanjutnya yakni tentang cara merubah ukuranya.


Pengertian crosshair cursor dalam AutoCAD.

Crosshair Cursor adalah sebuah tanda dalam layar AutoCAD yang berbentuk tanda plus dengan kotak kecil di tengahnya,alat ini juga sebagai pengganti tangan kita ketika proses menggambar,bisa seperti pena/pensil,kalau dalam software/aplikasi lain sering disebut pointer.

Jadi kita tidak akan pernah lepas dari menggunakan crosshair cursor ini dalam setiap proses menggambar menggunakan AutoCAD,untuk itu tampilanya harus enak dilihat dan dapat membantu mata kita agar proses menggambar jadi lebih mudah.
AutoCAD Tangerang
Crosshair Cursor
Crosshair Size.
Setelah mengetahui bentuk dan fungsi crosshair cursor,agar lebih enak dilihat maka kita perlu merubah ukuranya agar tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar,intinya sesuai dengan selera kita yang penting membantu proses menggambar dan tidak malah membikin puyeng karena ukuranya yang terlalu kecil.

Jadi silahkan rekan semua rubah ukuranya berapa,mau besar atau kecil terserah selera mata rekan-rekan semua,kalau saya pribadi sering menggunakan crosshair size nya dalam ukuran 15,tetapi ada juga lho yang menggunakan ukuran lebih besar sampai mencapai 100 alias full pada area kerja.

Cara merubah ukuran crosshair cursor pada AutoCAD.

  • Klik tool pada menubar kemudian pilih options.
  • Atau ketik perintah options pada kolom perintah.
  • Kemudian akan muncul option dialog box kemudian pilih tab display.
  • Pada kanan layar sebelah bawah ada tertulis crosshair size pergunakan sroll bar untuk menambah atau mengurangi ukuranya.
  • Atau ketik angka yang akan menjadi ukuran crosshair cursor.
  • Klik ok untuk mengahiri settingan.

AutoCAD Tangerang
Mengenal Crosshair Cursor dan Cara Merubah Ukuranya.

Demikianlah tentang crosshair cursor dalam dunia autoCAD,serta cara merubahnya agar terlihat lebih nyaman dalam penggunaan sehingga dapat membantu proses menggambar produk menggunakan AutoCAD,semoga bermanfaat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:57 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST