Home » » Menggambar Layout Masjid Dengan AutoCAD.

Menggambar Layout Masjid Dengan AutoCAD.

Menggambar Layout Masjid Dengan AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang baru beberapa hari yang lalu kita merayakan hari raya idul adha bagi rekan-rekan yang beragama islam,begitu juga dengan saya yang muslim tentu ikut berbahagia dengan datangya hari raya idul adha atau sering disebut dengan idul qurban.seperti biasa pada pagi hari kita melaksanakan sholat ied secara berjamaah,nah dari sinilah awal mula kisah tentang layout masjid kaitanya dengan AutoCAD.


Sebuah bangunan pasti memiliki layout alias tata letak,untuk lebih jelasnya mari kita samakan persepsi tentang apa yang dimaksud dengan layout, Layout didalam bahasa memiliki arti tata letak. Sedangkan menurut istilah, layout merupakan usaha untuk menyusun, menata, atau memadukan elemenelemen atau unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel dll) menjadikan komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik. Di sini diperlukan pertimbangan ketika sedang mendesain suatu infomasi yang seefektif mungkin. Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.
AutoCAD Tangerang
Layout Masjid.
image By. Goolge


Layout Masjid.

Sebuah masjid yang bentuknya sudah lumayan besar tentu sangat membantu jika memiliki gambar layout yang terpasang di area-area yang mudah dibaca masyarakat/jamaah,karena jamaah yang datang untuk beribadah dimasjid belum tentu sudah mengetahui seluk beluk masjid tersebut misalnya letak kamar kecil,letak area wudhu dsb.

Dimasjid yang saya pakai untuk shalat ied kemaren ada sesuatu yang sedikit mengusik mata saya di papan informasi yakni adanya gambar layout komplit dengan kepala gambarnya,setelah saya dekati dak saya amati saya yakin bahwa layout tersebut dibuat menggunakan AutoCAD,mulai dari jenis font dimensionya,sampai kepala gambar/etiket yang dipergunakanya.

Lama saya mengamati gambar tersebut sambil mencari tahu siapa gerangan drafter atau pembuat layout masjid ini,sehingga tanpa sadar ada seseorang yang menghampiri saya beliau adalah salahsatu DKM masjid tersebut,setelah bersalaman kami berdialog sbb :
  • DKM : maaf mas...bukanya mas ini mas arifin ya.
  • Saya : iya pak,saya arifin, kok bapak kenal saya..?
  • DKM : waah kebetulan sekali mas,saya selaku ketua DKM masjid ini mengucapkan terimakasih,yang pertama mas telah mengajari AutoCAD salahsatu santri kami,sekarang beliau sudah kerja dengan penghasilan yang lumayan,dan bisa mengajari santri-santri yang lain, gambar layout ini salahsatu dari hasil belajar mereka.
  • Saya : waah maaf pak saya lupa siapa yang pernah belajar ditempat saya ya pak,tapi siapapun yang pernah belajar ketempat saya yang sudah bisa saya harap mau membantu rekan-rekan yang lain untuk belajar..dst....

Santri juga musti bisa AutoCAD.


Itu sekelumit percakapan saya dengan DKM masjid tentang AutoCAD dan layout masjid,kesimpulan yang saya ambil setelah pulang dari melaksanakan sholat idul adha tersebut adalah,ilmu atuoCAD bukan hanya untuk kalangan teknik saja,kalangan arsitek saja,tetapi para santri pun berhak untuk bisa dan mahir tentang AutoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:53 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST