Home » » Cara Menggunakan Mouse dalam AutoCAD.

Cara Menggunakan Mouse dalam AutoCAD.

Cara Menggunakan Mouse dalam AutoCAD.

Perangkat komputer ( hardware ) bernama mouse ini sangat familiar dikalangan pengguna komputer,karena dengan alat inilah kita dapat mengakses dan mengoperasikan komputer beserta aplikasi yang ada didalamnya dengan mudah dan cepat,begitu juga dengan aplikasi komputer bernama AutoCAD sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan mouse dalam proses menjalankanya.

Untuk mengetahui seberapa berharga dan pentingnya keberadaan perangkat ini dalam mengoperasikan komputer dan juga AutoCAD maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa fungsi utama dari mouse itu sendiri.

AutoCAD Tangerang
Cara Menggunakan Mouse dalam AutoCAD.

Fungsi utama Mouse dalam AutoCAD.

Mouse dalam hal ini ketika mengoperasikan AutoCAD dalam komputer tidak ubahnya pengganti tangan kita,dia akan berfungsi untuk memilih,membuang,menentukan titik,mengakses perintah dsb,untuk lebih jelasnya simak tulisan dibawah ini :
  • Klik kiri ( left click ) Secara default, tombol kiri mouse digunakan untuk memilih menu dan menunjuk titik di layar,jadi fungsi utama klik kiri pada mouse itu ibarat jari jari tangan kita,dia bisa memilih obyek,menentukan titik baik base point,first point dsb.
  • Klik kanan ( right click ) untuk fungsi klik kanan ini sangat banyak sekali dan kompleks,bisa berubah menjadi enter,memunculkan short cut,mengulang perintah terahir,dan juga menampilkan sebagian toolbar/perintah edit.tetapi klik kanan mouse dalam AutoCAD ini bisa berbeda-beda antara pengguna satu dengan yang lain tergantung apakah klik kananya sudah mengalami editing atau belum ( right click customize ) yang bisa di akses dari user preference pada kotak option.
  • Scroll,elemen mouse berbentuk roda yang berada di tengah-tengah mouse ini secara default memiliki fungsi utama sebagai zoom dan juga pan,zoom in ( perbesar ) dengan cara melakukan scrolling atau memutar roda tersebut kearah depan maka obyek akan tampil lebih besar jika kita melakukan scrolling mundur maka akan memperkecil tampilan sebuah obyek,sedangkan jika kita menekan dan menahan scroll tersebut maka kita bisa menggeser layar kerja ( drawing area ).
  • Dan tentu fungsi lainya.

Selalu pergunakan mouse ketika sedang menjalankan AutoCAD.

Menyadari akan begitu pentingnya peran perangkat mouse ini maka saya menyarankan untuk selalu menggunakan mouse ketika sedang mengoperasikan AutoCAD,lalu apakah tidak bisa jika tidak menggunakan mouse ketika mengoperasikan AutoCAD..?

Ada dua jawaban ketika pertanyaanya adalah apakah bisa mengoperasikan AutoCAD tanpa menggunakan mouse yakni :
  • Bisa, ya kita bisa mengoperasikan AutoCAD tapa mouse asal saja alat komputer yang kita pergunakan adalah laptop,notebook atau netbook karena sudah ada mouse pengganti disana,walaupun menurut saya masih kurang cepat dan maksimal.
  • Tidak, sangat tidak bisa tentunya  ketika anda akan mengoperasikan AutoCAD menggunakan perangkat komputer dekstop atau bernama PC.

Nah sekian dulu ya semoga tulisan ini bermanfaat.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:32 PM

2 comments:

  1. Tapi kadang-kadang tangan kanan ini pegal juga loh kalau harus bolak-balik dari mose ke keyboard.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya juga sich bang,tapi kalau menggunakan AutoCAD tanpa mouse kayana tambah lebih sulit dech dan tentu jadi lebih pegal lagi..hmm

      Delete

RECENT POST