Home » » Membuat Septic Tank Untuk Rumah Tinggal.

Membuat Septic Tank Untuk Rumah Tinggal.

Membuat Septic Tank Untuk Rumah Tinggal.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,episode kali ini saya ingin bercerita pengalaman saya tentang membuat septic tank atau wadah penampungan tinja ( kotoran ) untuk rumah saya yang baru di perumahan Sudirman Indah tigaraksa tangerang  yang rencananya jika Tuhan Mengizinkan akan segera saya tempati bersama istri dan anak saya tercinta.

Membuat septic tank ini merupakan kelanjutan dari cerita saya sebelumnya yakni membuat sumur bor ( sumur pompa ) yang sebelumnya telah saya ceritakan kepada rekan-rekan AutoCAD Tangerang semua,memang tidak saya ceritakan detail kronologi pembuatanya tapi yang saya posting adalah tentang pembuatan RAB sumur bor.

AutoCAD Tangerang
Membuat Septic Tank Untuk Rumah Tinggal.

Pengertian dan kegunaan spetic tank.

Septic tank, adalah bak untuk menampung air limbah yang digelontorkan dari WC (water closet), konstruksi septic tank ada disekat dengan dinding bata dan diatasnya diberi penutup dengan pelat beton dilengkapi penutup kontrol dan diberi pipa hawa T dengan diameter ΓΈ1 ½“, sebagai hubungan agar ada udara / oksigen ke dalam septictank sehingga bakteri – bakteri menjadi subur. Sebagai pemusnah kotoran – kotoran atau tinja yang masuk ke dalam bak penampungannya.

Septic Tank Adalah tempat penampungan limbah tinja. Banyak orang beranggapan bahwa sistem Septic Tank tidaklah penting. Itu semua salah besar, karena Septic Tank sangatlah penting dalam pengolahan limbah domestik. Akan tetapi banyak orang keliru dalam membuat Septic Tank. Yang banyak digunakan banyak orang biasanya hanya dibuat dengan Beton, Septic Tank yang dibuat dengan beton hanya mengendapkan tinja ke dalam tanah tanpa diolah terlebih dahulu.

Fungsi septic tank adalah sebagai penampungan air limbah & proses penghancuran kotoran – kotoran yang masuk, air limbah ini akan mengalir ke rembesan/ sumur peresapan yang jaraknya tidak jauh dari septictank, begitu juga penempatan septic tank tidak terlalu jauh dari WC (water closet) .
Jenis septic tank.

Menilik dari fungsi dan kegunaan dari tangki penampungan tinja atau septic tank tersebut yang sangat berguna bagi kita semua maka ada beberapa type atau model pembuatan septic tank,secara garis besar terbagi menjadi dua type yakni :
  • Septic tank konvensional / tradisional.

Septic tank type ini jelas sebenanrnya tidak ramah lingkungan karena masih akan mencemari air tanah hasil dari resapan air kotoran tersebut,septic tank konvensional masih sering kita jumpai dikebanyakan masyarakat indonesia seperti :
  • WC cemplung yang sering di kampung-kampung.
  • WC diatas sungai,irigasi,laut dsb ( waduh bahaya ).
  • WC yang menggunakan septic tank hanya berbentuk kotak ( ini yang paling umum ).

  • Septic tank biofilter.

Untuk jenis septic tank ini jauh lebih ramah terhadap lingkungan karena semua zat yang dihasilkan dari tinja yang berpotensi menjadi polutan bagi lingkungan akan terurai dengan benar dan hasil dari uraian tersebut jauh lebih aman alias sudah netral,hanya saja untuk membuat septic tank bio filter ini kita masih perlu merogoh kocek lebih dalam...hehehe.
AutoCAD Tangerang
Membuat Septic Tank Untuk Rumah Tinggal.

Perbedaan septic tank konvensional dengan biofilter.

Penggunaan septic tank biasa atau konvensional sangat jelas sekali mencemari lingkungan. Pada septic tank konvensional limbah kotoran atau tinja akan masuk kedalam tanah sebagai rembesan yang bisa mencemari air tanah dan lingkungan sedangangkan septic tank biofilter limbah diolah dengan penggunaan media cell dan bakteri pengurai. Media cell dan bakteri ini lah yang menguraikan limbah menjadi cair dan dengan bio filterisasi, cairan buangan menjadi aman, tanpa bau dan layak buang tanpa mencemari lagi lingkungan.

Kesimpulanya :
Kita tidak bisa terlepas dari fungsi septic tank dalam kehidupan kita,jika kita ingin menggunakan septic tank konvensional usahakan meminimalisir pencemaran lingkungan sekitar kita,jika kita memang mampu biaya untuk membuat septic tank yang jauh ramah lingkungan mungkin tidak ada salahnya kita membuat septic tank dengan jenis biofilter,lingkungan kita kalau bukan kita yang jaga dan rawat...siapa lagi...


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 8:27 AM

1 comments:

  1. Limbah kini ada dimana-mana, kebanyakan dari limbah manusia itu sendiri.
    Saran saya adalah, untuk penggunaan seperti plastik atau styrofoam lebih dikurangi. Dan untuk penggunaan Box Makanan lebih baik menggunakan bahan yang terbuat dari kertas.

    Sebab kertas mengandung unsur yang dapat berbaur dengan tanah. So, jika kertas dibuang sembarangan oleh masyarakat maka kertas tersebut tidak akan mencemari lingkungan.

    ReplyDelete

RECENT POST