Home » » Cara Cepat Belajar AutoCAD.

Cara Cepat Belajar AutoCAD.

Cara Cepat Belajar AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,kali ini saya ingin berbagi cara cepat belajar AutoCAD,mungkin artikel ini khusus bagi rekan-rekan yang sedang dalam proses memulai belajar AutoCAD,tapi bukan tidak mungkin berguna juga bagi rekan-rekan yang sudah malang-melintang dikancah penggunaan AutoCAD.

Belajar AutoCAD setiap orang memiliki cara dan trik tersendiri untuk cepat bisa dan menguasainya,ada yang belajar lewat buku,lewat video tutorial,ebook sampai private atau kursus kepada guru-guru yang lebih senior,semua cara patut untuk dicoba dan dipraktikan,mungkin dari sekian cara tersebut ada yang jauh lebih mengena di alam pikiran kita sehingga menjadikan cara tersebut sebuah kunci bagi kita dalam proses belajar AutoCAD.

Secara pribadi sayapun demikian adanya ketika dulu belajar AutoCAD,hanya saja dulu saya hanya mengandalkan dari buku dan bertanya kepada senior,pada tahun 2004 tentu sangat sulit untuk mendapatkan informasi tentang tutorial AutoCAD dari dunia internet,boro-boro liat video tutorialnya,internet saja masih terbilang langka atau mungkin belum ada.

Belajar AutoCAD otodidak.

Belajar sendiri menggunakan panduan dari buku itulah satu-satunya jalan yang paling banyak saya tempuh untuk mempelajari AutoCAD,setiap habis gajian saya selalu menyempatkan diri menyambangi toko buku gramedia terdekat di kota tangerang yang banyak menyediakan buku tutorial AutoCAD,sampai menumpuk banyak sekali koleksi buku saya didalam perpustakaan pribadi saya sekarang.

Awalnya saya mengalami kendala yang sangat pelik ketika mempelajari AutoCAD dari buku-buku tersebut,sampai suatu ketika saya membca sebuah buku umum yang disitu tertera kata-kata bijak yang berbunyi “ jangan kita berpikir dengan adany tangga maka kita akan dengan mudah dapat mencapai ujung dari tangga tersebut tanpa kita melewati tangga tersebut satu persatu “.

Kemudian saya mencoba menyerap makna dari kata mutiara tersebut,buat apa saya bermimpi menguasai atau stidaknya bisa menggunakan AutoCAD jika kita tidak melakukan proses belajar tersebut step by step dengan kontinyu dan penuh kesabaran.

Mungkin rekan-rekan yang belajar AutoCAD secara otodidak mengalami hal yang serupa.

Satu hari satu tool ( one day one tool ).

Akhirnya saya memutuskan untuk mempelajari tool atau perintah dalam AutoCAD yang banyak sekali tersebut hanya satu tool / perintah dalam satu hari,artinya saya akan mencoba membaca dan mempraktikan sebuah tool dalam setiap hari,tidak kurang boleh lebih dari satu tool.

Logika perhitungan seperti ini,kita membuat sebuah gambar itu belum tentu dan pasti tidak akan pernah menggunakan seluruh perintah dalam AutoCAD itu sendiri,mungkin hany hitungan bijian sampai puluhan saja perintah yang sering dipergunakan,kita anggap dalam menggambar sebuah sketsa kita membutuhkan 30 tool,maka jika kita konsisten mempelajari satu perintah dalam satu hari maka untuk menguasai 30 tool kita hanya butuh 30 hari.

Mempraktekan satu hari satu tool ini ternyata sangat luar biasa sekali saya rasakan perkembangan belajar AutoCAD saya,mulai dari cara membaca gambar,kecepatan menggambar dsb,intinya yang saya tekankan pada rekan-rekan semua adalah one day one tool,dijamin anda akan jauh lebih cepat menguasai AutoCAD,bahkan prinsip inipun sekarang marak berkembang dikalangan masyarakat seperti one day one ayah ala yusuf mansyur.


Demikian.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:03 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST