Home » » Cara Membuat Tabel Dalam AutoCAD.

Cara Membuat Tabel Dalam AutoCAD.

Cara Membuat Tabel Dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,pada saat memberikan laporan / informasi kita perlu menggunakan banyak sekali data atau materi yang berisi kalimat,angka-angka atau juga kombinasi dari kedua hal tersebut,jika informasi yang akan disampaikan masih sederhana tentu mudah bagi kita untuk menyampaikanya,tetapi bagaimana jika isi laporan tersebut sangat komplek dan panjang terlebih berisi deret angka-angka yang sangat sulit untuk kita ingat,sudah pasti informasi yang akan kita berikan tersebut akan tidak sesuai dengan aktualnya,untuk itu diperlukan sebuah metode atau cara untuk mengatasi hal tersebut yakni menggunakan tabel ( table ).


Pengertian dan fungsi tabel.

Tabel adalah sebuah daftar yang berisi ikhtisar atau rangkuman dari sejumlah fakta dan informasi yang Biasanya fakta atau informasi tersebut berupa nama dan bilangan yang terususun dalam urutan kolom dan baris. Sebuah Tabel dapat dikategorikan sebagai  alat bantu visual, di samping  grafik dan peta.

Sementara fungsi tabel adalah menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat dan lebih menarik daripada dengan kata-kata,Selain itu tabel juga  berfungsi untuk mendukung penulis menyampaikan ide atau gagasan sehingga dapat memengaruhi dan meyakinkan pembaca.

Menilik dari bentuk dan fungsi tabel seperti tersebut diatas maka jika kita akan membuat sebuah tabel,kita mesti tau dulu akan menggunakan berapa kolom dan juga berapa baris yang diperlukan,selain tentu yang utama adalah informasi yang akan dilaporkan menggunakan tabel.
AutoCAD Tangerang
Cara Membuat Tabel Dalam AutoCAD.

Cara membuat tabel menggunakan perintah AutoCAD.

Balik maning ka laptop,begitu kata presenter tukul arwana yang tenar dengan acara bukan empat mata,menyajikan sebuah informasi atau laporan dalam bentuk tabel memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan melaporkanya dalam bentuk tulisan biasa apalagi hanya menggunakan lisan,begitu juga kaitanya dengan penyampaian informasi pada sebuah gambar dalam AutoCAD.
Didalam aplikasi atau software AutoCAD sudah dipersiapkan sebuah tool atau perintah yang dapat dipergunakan untuk membuat sebuah tabel yang berisi dengan kolom dan baris seperti halnya aplikasi microsoft word dsb,untuk itu marilah kita mencoba mengulas tutorial cara membuat tabel dalam AutoCAD.
  • Masukan perintah table dengan cara ketik TABLE pada kolom perintah kemudian enter.
  • Setelah muncul insert table box maka isilah jumlah kolom,jumlah baris,jarak antar kolom,jarak antar baris dsb.
  • Klik ok.
  • Klik lagi pada layar kerja AutoCAD anda untuk meletakan hasil pembuatan tabel.
  • Tekan ok untuk mengakhiri.

Catatan :
  • tutorial ini dibuat berdasarkan urutan pada AutoCAD 2010,mungkin setelah pada AutoCAD 2012 sampai yang terbaru ada perubahan urutanya.
  • Cara ini hanya untuk membuat kerangka tabelnya saja,untuk melakukan editing dsb maka akan segera saya postingkan pada episode berikutnya.


Sekian dan demikian perjumpaan kita kali ini sekaligus membahas tentang pengertian dan fungsi tabel serta yang tak kalah penting adalah tutorial cara membuat tabel menggunakan perintah AutoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:59 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST