Home » » Cara Menghapus Layer AutoCAD yang tidak terpakai .

Cara Menghapus Layer AutoCAD yang tidak terpakai .

Cara Menghapus Layer AutoCAD yang tidak terpakai .

Rekan AutoCAD Tangerang,salahsatu komponen penting dalam membuat gambar 2D menggunakan AutoCAD adalah menggunakan dan menempatkan objek pada layer yang sesuai dengan nama objek teresbut,selain mempermudah proses editing dan checking drawing nantinya,dengan adanya penggunaan layer tersebut juga bertujuan untuk membedakan warna,jenis garis,tebal dan tipis garis sehingga pembaca gambar tersebut tidak mengalami kesalahan pada saat membacanya.

Pembuatan layer dalam AutoCAD bisa pada saat gambar belum dibuat,dan juga bisa layer dibuat setelah gambar selesai tercipta,kedua metode ini sering mengakibatkan beberapa layer yang sudah terlanjur kita buat tetapi tidak terpakai,ketika layer yang sudah terlanjur dibuat kemudian tidak terpakai ini dibiarkan dalam jumlah yang banyak maka akan mempengaruhi besarnya file gambar terebut.


Contohnya sebuah gambar A memiliki gambar yang sama dengan gambar B,gambar A memiliki 3 layer yang terpakai dan tidak ada layer yang tidak terpakai memiliki besarnya file 17kb,sedangkan pada gambar B dengan gambar yang sama tetapi memiliki layer terpakai 3 dan yang tidak terpakai 5 maka besarnya file gambar B tersebut menjadi 25kb.

Jadi kesimpulanya banyaknya layer yang tidak terpakai dalam sebuah gambar AutoCAD akan mempengaruhi besar kecilnya file penyimpanan gambar tersebut,makanya untuk meminimalisir pembengkakan file tersebut kita bisa menghapus layer-layer yang tidak terpakai tersebut yang bernama PURGE.

Perintah PURGE dalam AutoCAD.

Purge dalam AutoCAD adalah sebuah tool atau perintah yang berfungsi untuk menghapus atau menghilangkan beberapa komponen dari sebuah gambar yang tidak terpakai,misalnya block,layer,dimension style,text style dsb.seperti tulisan yang pernah saya baca disebuah tutorial berbahasa asing seperti ini :
  • Definitions of blocks, layers, styles, and more that aren’t actually used in the drawing make it slow and cumbersome. The PURGE command finds named components that aren’t used and lets you delete them. In a complicated drawing, there can be dozens or even hundreds of unused layers, blocks, text styles, dimension styles, and more. ( source : Slim down your drawings with the PURGE command .)

Tutorial cara menggunakan perintah purge dalam AutoCAD.
Layer dalam AutoCAD yang tidak terpakai dapat kita hapus menggunakan dua cara yakni :
  1. Menghapus dari layer properties manager.
  2. Menggunakan perintah Purge.

Caranya :
  • Masukan perintah PURGE.
  • Setelah muncul purge dialog box pilih layer untuk menghapus layer yang tidak terpakai.
AutoCAD Tangerang
Cara Menghapus Layer AutoCAD yang tidak terpakai .

  • Kemudian klik purge atau purge all.
  • Setelah muncul  purge confirm dialog box pilih purge item atau purge all item.
AutoCAD Tangerang
Cara Menghapus Layer AutoCAD yang tidak terpakai .

  • Purge dialog box akan muncul kembali kemudian klik ok.
  • Selesai.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:25 PM

3 comments:

  1. berkunjung sob, sambil baca artikel kang arifin yang makin informatif..sambil saya cek link blog saya tapi malah udah ga tercantum disini..kalau berminat tukeran link silahkan visit blog saya

    salam admin satriyoku.blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga atas kunjunganya sobat...segera ke TKP untuk kunjungan balik..

      Delete
  2. Terimaksih tips, sangat bermanfaat. salam kenal

    ReplyDelete

RECENT POST