Home » » Cara Menghitung Objek Dalam AutoCAD.

Cara Menghitung Objek Dalam AutoCAD.

Cara Menghitung Objek Dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,menghitung jumlah objek yang ada dalam suatu gambar AutoCAD sering kali tidak kita perhatikan,apakah ada objek garis yang bertumpuk atau tidak,karena ketika kita mengerjakan sebuah gambar dalam format 2D,adanya garis yang bertumpuk tersebut tidak menjadi masalah berarti,permasalahan garis bertumpuk ini akan mencuat manakala kita mengerjakanya pada objek 3D Solid,ya garis yang bertumpuk akan memberikan masalah kepada kita ketika akan melakukan joint atau PEDIT untuk merubah Line menjadi Polyline,untuk itu kita perlu tahu ada tidaknya objek bertumpuk pada gambar kita.

Contohnya,jika kita melakukan seleksi atau pemilihan objek pada sebuah gambar berbentuk persegi panjang maka objek garis yang terseleksi adalah 4 garis,kalau nilai keterangan jumlah objek lebih dari atau kurang dari 4 maka ada permasalahan yang perlu segera di cari tahu,jika lebih dari 4 maka dimungkinkan ada objek garis yang menumpuk,jika kurang dari 4 mungkin ada objek yang belum terseleksi.



Pengertian objek dalam gambar AutoCAD.

Didalam sebuah gambar yang dihasilkan dari aplikasi atau software AutoCAD terdiri dari berbagai macam objek yang pada proses pembuatanya memiliki perintah masing-masing yang berbeda satu dengan yang lainya,sehingga hasilnya pun berbeda-beda bentuknya.namun apapun bentuk dan perintah -perintah yang dipergunakan untuk menghasilkan gambar tersebut jika sudah terbentuk akan dinamakan objek.

Jadi setiap yang tampil pada layar monitor AutoCAD atau disebut drawing area AutoCAD disebut dengan OBJEK atau Object.

Catatan :
  • Sebuah bentuk geometri yang sudah polyline akan terhitung satu objek.
  • Line,arc,teks,arsir,dimension terhitung satu objek.
  • Contoh : sebuah persegi panjang yang dibuat menggunakan perintah rectangle maka dihitung satu objek,tetapi jika dibuat menggunakan perintah Line akan terhitung dengan 4 objek.

Cara menghitung Objek Dalam AutoCAD.

Cara mengetahui atau cara menghitung jumlah objek dalam sebuah gambar kita bisa mempergunakan dua metode utama yakni metode manual dan metode Perintah:
  1. Metode manual : sebuah cara menghitung jumlah objek yang akan atau sudah kita pilih dengan cara melihat secara langsung dengan mata kita pada area layar kerja AutoCAD,cara ini juga sering disebut dengan cara visual,tentu akan banyak memakan waktu dan memungkinkan mata kita cepat capek.
  2. Metode perintah : dengan menggunakan beberapa perintah yang ada pada AutoCAD maka kita secara otomatis akan di berikan informasi tentang jumlah objek yang sudah kita pilih,beberapa perintah yang bisa untuk mengetahui jumlah objek pada gambar misalnya,copy,erase,move,rotate dsb. Lalu bagaimana cara mengetahuinya...?

Tutorial cara menghitung atau mengetahui jumlah objek dalam gambar AutoCAD.
  • Masukan salahsatu perintah copy,move,rotate,scale dll.
  • Ketika diminta untuk select object maka pilih objek yang kita inginkan kemudian enter.
  • Lihat pada command line disitu tertera informasi tentang jumlah objek yang sudah kita pilih.
  • Nah mudah bukan.


AutoCAD Tangerang
Cara Menghitung Objek Dalam AutoCAD.

Demikian tutorial AutoCAD kali ini,semoga dengan tutorial singkat tentang cara mengetahui dan menghitung objek dalam gambar AutoCAD ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:34 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST