Home » » Jadilah Drafter Yang Berkualitas.

Jadilah Drafter Yang Berkualitas.

Jadilah Drafter Yang Berkualitas.

Rekan AutoCAD Tangerang,kita semua mesti tersadar bahwa kita sudah berada di penghujung tahun 2014 dan sebentar lagi memasuki tahun baru yakni tahun 2015,artinya adalah kita harus meninggalkan tahun 2014 kemudian menuju tahun 2015 yang telah kita ketahui dan kita sadari memiliki tingkat kompetisi yang sangat...sangat..berat,untuk kita para drafter AutoCAD tahun depan akan menjadi tahun yang tidak mudah untuk terus eksis dalam kejayaan,yang bukan tidak mungkin kondisi dan keadaan kita saat ini akan berbalik menjadi kondisi yang menyulitkan.

Segala aspek kehidupan akan mengalami kondisi yang jauh lebih sulit lagi tahun-tahun kedepan,segala profesi dan jabatan akan semakin tinggi tuntutan dan persaingan untuk terus bertahan atau terus berkembang,segala bidang industri akan terus berkembang demi jaya dan suksesnya bersaing di pasar dunia,semua,semua disana-disini tahun depan harus lebih siap dengan segala tantangan yang pasti datang menghampiri.


Skill dan kemampuan pribadi harus terus terasah dan update selalu dengan zaman,jika kita tidak ingin tergilas zaman,untuk anda rekan-rekan AutoCAD Tangerang yang berstatus sebagai drafter ayo kita persiapkan diri,mental dan keimanan kita guna menyambut dan mengarungi tahun 2015 yang sebentar lagi akan segera menghampiri dan wajib kita arungi seberapapun kerasnya hempasan ombak yang akan kita dapatkan.

Pengertian drafter.

Sebelum kita mempersiapkan diri menyambut datangya tahun 2015 tidak ada salahnya kita memngingat kembali tentang pengertian seorang drafter.
Drafter adalah kata dalam bahasa inggris yang berarti Juru Gambar Atau Tukang Bikin Gambar, seperti membuat gambar bangunan, konstruksi, mesin, listrik, otomotif dan lain-lain. Drafter adalah seorang Juru Gambar yang menguasai sebuah atau beberapa buah bidang disiplin ilmu, seperti ilmu bangunan, ilmu konstruksi, ilmu rekayasa mesin, ilmu konstruksi mesin, ilmu pembangkit listrik, ilmu instalasi listrik, ilmu instalasi instrumen dan ilmu rekayasa otomotif.

Drafter pada awal umumnya hanya menguasai ilmu yang didapat dari bangku sekolah, setelah memasuki dunia kerja industri, barulah seorang drafter dapat mengembangkan kemampuan dirinya melalui pengalaman yang didapat didalam dunia kerja industri. Semakin lama seorang drafter berkecimpung dalam dunia kerja industri, maka ilmunya akan bertambah semakin matang dan dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cepat.

Seorang drafter biasanya bekerja setelah desain tercipta,misalnya dia melakukan proses detailing dari obyek 3D menjadi obyek 2D yang kemudian disajikan untuk dipergunakan instansi atau orang lain pada proses-proses selanjutnya.

Jadi drafter AutoCAD adalah seseorang yang mempunyai kemampuan secara teknik untuk membuat gambar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya dengan menggunakan peralatan atau software autocad yang dikuasainya.

Menjadi drafter AutoCAD yang berkualitas.

Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang drafter,maka jadilah drafter yang berkualitas,tidak asal bisa,karena pekerjaan seorang drafter akan sangat mempengaruhi proses-proses kerja selanjutnya,jika pekerjaan drafter tersebut sempurna tidak ada kekuarangan maka proses akan berjalan dengan benar dan sesuai dengan yang diharapkan,tapi jika hasil pekerjaan dari seorang drafter kurang sempurna maka proses dan hasil kerja akan tidak maksimal juga.

Untuk itu kita para drafter dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pribadi kita kaitanya dengan aplikasi atau progam AutoCAD yang kita pergunakan dan juga tentu skill atau kemampuan-kemampuan yang lain,pengetahuan umu yang lain sehingga benar-benar kita menjadi seorang drafter yang berkualitas,yang akan menjadi bagian terpenting dari sebuah proses industri.

Bagaimana cara seorang drafter untuk terus memperbaiiki,menambah skill atau kemampuan pribadi sehingga meningkatkan mutu atau kualitas kerja drafter kita :
  • Pengetahuan umum,tingkatkan kemapuan umum kita dengan segala informasi mengenai bidang yang sedang kita kerjakan/geluti,begitu juga dengan pengetahuan secara khusus yakni tentang pengetahuan perintah-perintah dalam AutoCAD dsb.
  • Berlatih dan mencoba tantangan baru,ibarat kata pepatah “ seberapa tajamnya sebuah pisau,jika tidak pernah kita asah dan pergunakan maka pisau tajam tersebut menjadi pisau tumpul nan berkarat,tentu kita semua tidak ingin kemampuan kita yang selama ini telah kita miliki harus hilang tak tersisa lagi.
  • Pelatihan,mengikuti pelatihan-peltihan,workshop,seminar,diskusi,dsb dapat menjadikan kita lebih update informasi dan juga menambah semangat untuk terus belajar dan mencoba hal-hal baru yang terkadang malah memberikan efek manfaat yang luar biasa.
  • Share,atau menyampaikan kepada orang lain,dengan kita melakukan share atau menyampaikan dan mengajarkan terhadap orang lain akan semakin memberikan kita ingatan yang tajam terhadap perintah/tool yang ada pada AutoCAD dan manfaat lainya adalah menfaat pahala karena kita sudah mau berbagi ilmu yang bermanfaat.
  • Membantu dan menorolong rekan-rekan AutoCAD yang lain,yang kebetulan belum menguasai benar progam atau aplikasi AutoCAD.

Kesimpulan :
Menjadi seorang drafter bukan sebuah paksaan,tapi pilihan,jika kita sudah memutuskan untuk memilih menjadi seorang drafter,drafter AutoCAD misalnya maka segala konsekwensi baik buruknya hasil yang akan kita dapatkan harus kita ikhlas menerimanya,tetapi kita juga perlu dan wajib untuk terus selalu menambah ilmu pengetahuan kita,skill AutoCAD kita dsb sehingga menjadikan kita seorang drafter yang berkualitas terbaik,bukan seorang drafter yang hanya bisa membuat gambar asal-asalan.




Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 1:30 PM

2 comments:

  1. ternyata syarat untuk menjadi drafter berat juga ya gan, harus bertahap, namun untuk menguasau salah satu software drafter memang susah tidak bisa instan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuatu yang didapatkan secara instan biasanya juga akan mnghasilkan yang kurang maksimal gan,begitu juga dengan belajar AutoCAD untuk menjadi drafter perlu waktu yang tidak sebentar

      Delete

RECENT POST