Home » » Perbedaan Antara Multiline Text dengan Single Line Text dalam AutoCAD.

Perbedaan Antara Multiline Text dengan Single Line Text dalam AutoCAD.

Perbedaan Antara Multiline Text dengan Single Line Text dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,kali ini kita akan mencoba membicarakan tentang pembuatan teks dalam AutoCAD,ini sekaligus menjawab pertanyaan dari salahsatu rekan saya yang berkomentar pada postingan saya terdahulu yang berjudul tentang cara membuat teks dalam AutoCAD,adapun pertanyaan dari rekan saya tersebut adalah apa perbedaan antara single line text dan multiline text dalam AutoCAD.



Pengertian single line text dan multiline text.

Sebelum jauh kita membicarakan tentang perbedaan antara keduanya,tidak ada salahnya kita mengingat kembali pengertian dari single line text dan multiline text yang ada pada saat menggunakan AutoCAD.

  • Single line text adalah sebuah perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk membuat teks secara independen yang bisa kita buat dengan jumlah satu baris saja,sehingga penggunaan perintah ini lebih banyak untuk menulis teks yang sederhana dan hanya membutuhkan satu baris saja.
  • Multiline text adalah sebuah perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk membuat teks  yang lebih kompleks. Seperti paragraf, lengkap dengan multi kolom, bullet, dan numbering seperti halnya ketika kita mempergunakan microsoft word pada umumnya.

Perbedaan single line text dan Mulitilen text.

Berbicara mengenai perbedaan antara keduanya bukan berarti berbicara hasil dari teks yang dibuat,terlebih jika teks tersebut telah dalam posisi tercetak di kertas gambar,maka sangat tidak mungkin kita mencari tahu apakah teks tersebut menggunakan perintah single line teks atau multiline teks,artinya secara kasat mata perbedaan yang ada bukan pada hasilnya tetapi pada saat proses dan kita liat menggunakan perintah AutoCAD.

Adapun perbedaan yang ada diantara keduanya selain daripada terlihat secara kasat mata adalah sbb :
  • Tool perintah,jika kita membuat single line teks menggunakan perintah DTEXT maka ketika membuat multiline text kita menggunakan perintah MT atau T.

  • Setting Perintah,pada saat memberi perintah pembuatan teks menggunakan perintah single line text kita menentukan jenis font,tinggi font dan sudut arah teks menggunakan text style,artinya kita mesti membuat atau merubah text style telebih dahulu sebelum membuat teks menggunakan single line text.sedangkan jika kita membuat teks menggunakan perintah multiline text kita bisa langsung merubah jenis font,tinggi font,warna teks dsb langsung pada saat teks akan dibuat.

  • Modifikasi,pada saat kita akan melakukan modifikasi teks yang dihasilkan dari perintah single line text maka kita hanya bisa merubahnya dari text style yang dipergunakan,kita tidak bisa melakukan editing dengan menggunakan double klik tetapi mempergunakan propertiesnya,sementara jika kita ingin melakukan modifikasi terhadap sebuah teks yang dihasilkan dengan perintah multiline text kita bisa melakukan editing dengan perintah double klik,atau perintah DDEDIT atau juga dari properties.


Kesimpulanya : perbedaan antara perintah multiline text dan single line text adalah bukan terletak pada hasil jadi teks tersebut tetapi pada saat proses didepan layar komputer,semoga tulisan ini dapat menjawab pertanyaan dari rekan AutoCAD Tangerang bernama blognya kikils dan juga tentunya dapat bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:21 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST