Home » » Cara Membuat Multi View Pada Layar AutoCAD.

Cara Membuat Multi View Pada Layar AutoCAD.

Cara Membuat Multi View Pada Layar AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang, layar monitor atau drawing area dalam AutoCAD adalah sebuah area yang dipergunakan untuk kita melakukan proses pengoperasian AutoCAD,disana kita bisa menggambar,bisa mendesain objek baik 2D maupun 3D,pokoknya segala sesuatu pengoperasian AutoCAD ada di drawing area pada layar monitor.

Drawing area pada layar monito secara default atau bawaan dari Autodesk itu hanya satu tampilan single view,tetapi untuk beberapa keperluan kita bisa merubah tampilan tersebut dari single view menjadi dua,tiga bahkan empat tampilan yang dikenal dengan istilah multiple view.

Multiple view pada layar monitor AutoCAD.

Multiple view ini berfungsi membagi area kerja menjadi beberapa kotak yang didalamnya dapat menampilkan gambar satu objek yang berbeda dengan kotak view lainya,artinya dengan menggunakan multiple view kita bisa melihat suatu bentuk objek dari beberapa sudut pandang dalam satu layar kerja.
Cara Membuat Multi View Pada Layar AutoCAD.
Multiple View dalam AutoCAD

Cara Menggunakan Perintah Multiple view dalam AutoCAD.

  • Siapkan sebuah gambar objek misalnya gambar 3D.
  • Kilik view pada menubar kemudian pilih viewport dan selanjutnya pilih berapa kolom viewport yang di inginkan ( misalnya 4 viewport ).
  • Atau ketik –VPORTS pada kolom perintah kemudian ketikan angka 4 untuk 4 kolom viewport.

Multiple View dalam AutoCAD
Multiple View dalam AutoCAD

Setelah selesai maka layar monitor akan terbagi menjadi 4 kolom,tetapi view atau pandangan objek masih sama yakni TOP view misalnya,untuk merubah view dari masing-masing kolom lakukan cara seperti ini :
  • Klik 2x ( double klik ) pada kolom view yang akan kita rubah tampilan objeknya.
  • Pilih view yang di inginkan dengan cara klik ikon view yang telah disiapkan.
  • Selesai.


Demikianlah tutorial cara membuat tampilan objek pada layar monitor menjadi lebih dari satu pandangan atau yang sering disebut dengan istilah multi view atau multiple view,semoga artikel ini bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:33 AM

2 comments:

  1. Sori kurang total kasi tutornya. Sertakan screenshot juga untuk cara ubah/rotate view layout nya. Sy gak dapet dan teman teman yg butuh bantuan dan mampir kesini cari solusi juga pasti banyak yang gak menemukan titik terang. Terutama karena versi auto cad kita beda2. Sy pake auto cad LT 2016

    ReplyDelete
  2. Sori kurang total kasi tutornya. Sertakan screenshot juga untuk cara ubah/rotate view layout nya. Sy gak dapet dan teman teman yg butuh bantuan dan mampir kesini cari solusi juga pasti banyak yang gak menemukan titik terang. Terutama karena versi auto cad kita beda2. Sy pake auto cad LT 2016

    ReplyDelete

RECENT POST