Home » » Estimasi Material Pembuatan Bak Penampungan Air.

Estimasi Material Pembuatan Bak Penampungan Air.

Estimasi Material Pembuatan Bak Penampungan Air.

Siang ini saya sedang dalam perjalanan ke timur guna mencari kitab suci,( haha ) maksud saya untuk menemui rekan saya sekaligus ada keperluan mengajar private AutoCAD di daerah Tangerang kota,tiba-tiba handphone saya berbunyi sangat nyaring hampir imbang sama suara adzan dari masjid,seketika saya menepikan “si Biru”,ternyata ada panggilan masuk,karena saya pakai headset jadi nyaring terdengar.

Secepat kilat saya pencet tombol menerima telpon,eh salah maksud saya menggaruk layarnya untuk menerima telpon tersebut,dan terdengar suara ibu-ibu menanyakan tentang kebenaran nomor ini pemilik AutoCAD Tangerang apa buka,saya jawab iya saya sendiri,ada yang bisa saya bantu bu..?

Pertanyaan tentang estimasi pembuatan bak penampungan air.


Begini pak,saya ingin menanyakan biaya dan juga meterial yang dibutuhkan untuk membuat sebuah bak penampungan air dengan spesifikasi dan ukuran sebagai berikut :
  • Panjang : 175cm
  • Lebar : 150cm
  • Kedalaman : 125cm
  • Bagian bawah di cor dan di keramik,begitu juga dengan bagian dinding samping kanan kiri pun demikan juga di keramik.

Dengan sigap saya menjawab baik bu,nanti saya akan estimasi dan ibu bisa lihat di postingan saya untuk melihat lebih detail kebutuhan materialnya untuk biaya tentu tergantung harga keramik yang akan di beli dan ongkos tukang di daerah ibu...
Estimasi Material Pembuatan Bak Penampungan Air.
Estimasi Material Pembuatan Bak Penampungan Air.

Estimasi material dan biaya pembuatan bak penampungan air.

Dari spesifikasi yang disebutkan diatas maka saya membuat estimasi kasar cenderung lebih,dengan rincian sebagai berikut :
  • Keramik kamar mandi ukuran 30cm x 30cm = 122 Pcs.
  • Bata merah = 750 Pcs
  • Pasir = 1 mobil pick up
  • Split = ¼ bak mobil pick up.
  • Semen = 5 sak.
  • Besi behl Φ8mm = 3 btg.
  • Tukang 2 orang 2 hari.


Demikian estimasi material dan perkiraan biaya pembuatan bak penampungan air,semoga bermanfaat buat rekan AutoCAD Tangerang semua.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:45 PM

11 comments:

  1. Nice share kang. Siapa tau saya alih pekerjaan bangunan perlu yang ginian kang. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu beralih kayaknya mu....bikin kerjaan sampingan aja...maksudnya samping rumah kek..heheeee

      Delete
    2. mu zubir..yap siapa tau bermanfaat dilain waktu dan kesempatan berikutnya...untuk mbah dinan,sepertinya ada pengertian lain dari jabatan bekerja sampingan,,,asal disamping rumah udah kerja sampingan ya...hadewh..ono-ono mawon

      Delete
  2. melihat daftar harganya kayaknya gak banyak ya dan mungkin harganya juga gak mahal, tapi ikinnya mas yang susah hehehee...kalau bagi orang seperti saya jadi juga tuh bak penampungan air,tapi bentuknya pasti aneh kali yaaa...heeee...ok makasih infonya ya gan. salam sahabat blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri aja kalau bikinya dari gambar AutoCAD benar-benar lurus dan presisi,tapi pas eksekusi di lapangan,haduuuh porak-poranda bentuknya..kikiki

      Delete
  3. ya minimal aku juga perlu ngerti, trims ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat perlu untuk ngerti mbak,biar nanti gak di tipu sama tukang,hahaha apalagi tukangnya kerjasama sama suami mbak,budget nya dilebihin alias mark up kan repot..hehe terima kasih atas kunjunganya

      Delete
  4. Gak sekalain disebutkan juga estimasi biayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekalian biayanya takut berbeda-beda kan boss tiap daerahnya,harga material tersebut..thanks gan kunjunganya semoga lancar translate bahasanya

      Delete
  5. Selamat siang mas saya termasuk orang awam yang tidak dapat menghitung RAB untuk pembangunan Tangki Air berkapasitas 5000 liter kira-kira cara penghitungannya bagaimana yah mas ? Mohon Arahannya Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik pak jemmie,jika kita sudah mengetahui rencana kapasitas airnya yakni 5000 ltr tersebut maka sekarang yang diperlukan adalah dimensi tangki jika sudah ditentukan diameternya maka secara otomatis mudah mencari tinggi atau panjang tangkinya begitu juga sebaliknya..

      Delete

RECENT POST