Home » » Imageframe Pada Foto Di autoCAD.

Imageframe Pada Foto Di autoCAD.

Imageframe Pada Foto Di autoCAD.

Masih ingat postingan saya yang sebelumnya tentang cara memasukan foto atau image kedalam gambar AutoCAD,kali ini saya ingin mengajak rekan-rekan semua membahas tentang imageframe,baik dari segi pengertian,tujuan adanya imageframe tersebut dan tentu cara menampilkan atau menghilangkan imageframe tersebut.

Imageframe dalam AutoCAD atau ada juga yang menyebut dengan istilah border pada foto adalah sebuah garis berbentuk rectangle yang berada pada posisi tepi sebuah foto/image yang kita insert atau masukan kedalam gambar AutoCAD.

Tujuan adanya imageframe atau border pada tepi foto ini adalah untuk mempermudah ketika kita akan melakukan select object untuk proses edit,copy,move,rotate atau bahkan proses menghapus foto tersebut.

Bagaimana cara menggunakan perintah imageframe dalam AutoCAD.

Masukan perintah imageframe dengan cara :
  • Klik modify pada menubar kemudian pilih image seterusnya pilih frame.
  • Atau ketik imageframe pada kolom perintah.
  • Masukan angka 0 atau 1 atau 2.
  • Selesai.
Imageframe Pada Foto Di autoCAD.
Cara memunculkan image frame di AutoCAD.


Keterangan angka :
  • 0 ( nol ) : dengan memasukan angka 0,berarti kita berniat tidak akan menampilkan garis imageframe atau border foto,sehingga foto tersebut akan sulit bahkan tidak bisa di select objek dengan mouse,kecuali menggunakan ctrl+A.
  • 1 ( satu ) : dengan memasukan angka 1 maka imageframe akan muncul seperti biasa,sehingga dapat dengan mudah melakukan proses select objek,hanya saja terkadang frame yang muncul ini terlihat mengganggu misalnya untuk gambar logo perusahaan.
  • 2. ( dua ) : angka 2 yang dimasukan kedalam setingan imageframe berarti garis image atau border akan terlihat seperti kejadian settingan menggunakan angka 2,hanya saja garis tepi tersebut akan tidak muncul pada saat dilakukan proses print ( plotting ).
Imageframe Pada Foto Di autoCAD.
Image with Frame
Imageframe Pada Foto Di autoCAD.
image without frame




Demikian tentang imageframe,pengertian,tujuan dan cara membuatnya di AutoCAD,terima kasih.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:17 AM

7 comments:

  1. wah saya nyimak aja, belum bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan untuk menyimak juragan..semoga bisa membantu dan bermanfaat

      Delete
  2. numpang belajar mas & salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh gan...silahkan dan salam kenal kembali

      Delete
  3. kang, sering banget abang saya minta saya belajar AutoCad, soalnya dia jadi Kabid Babeda Kota Bekasi, selama ini proyek gambarnya dikasih ke mahasiswa tempat dia ngajar juga, harga selembarnya gope..ajarin saya dong ilmu autocad

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuu atuch kalo mau belajar mah,,dipersilahkan dengan senang hati kok...sekalian bawa ubi cilembunya kalo pas dateng ya..

      Delete
  4. mas, saya mau nanya cara memasukan foto/gambar contohnya seperti logo kabupaten di masukan ke auto cad gimana cara supaya ketika di print tidak timbul garis2 pada gambar tersebut.. trm

    ReplyDelete

RECENT POST