Home » » Kumpulan Perintah AutoCAD untuk Mendetail Gambar.

Kumpulan Perintah AutoCAD untuk Mendetail Gambar.

Kumpulan Perintah AutoCAD untuk Mendetail Gambar.

Dalam sebuah proses mendetail gambar kita dituntut untuk ekstra hati-hati agar tidak terjadi ada ukuran atau keterangan-keterangan yang terlewati,membedakan warna,jenisgaris sampai tebal tipis antar garis tersebut,intinya proses mendetail gambar dalam AutoCAD adalah sebuah proses menyajikan gambar dengan sebaik mungkin dan sedetail mungkin agar tidak terjadi kesalah fahaman pada saat menerjemahkan gambar tersebut.

Sebelum kita membahas tool / perintah dalam AutoCAD yang paling sering dipergunakan pada saat proses detail gambar,maka tidak ada salahnya saya mengingatkan rekan AutoCAD tangerang semua untuk membuka kembali kenangan tutorial kita sebelumnya yakni tentang tool / perintah untukmenggambar 2D.

Perintah AutoCAD untuk Mendetail gambar.

Dalam AutoCAD terdapat banyak sekali tool / perintah yang dapat dipergunakan oleh operator AutoCAD untuk melakukan detailing gambar,ada perintah yang hanya sedikit sekali frekuensi penggunaanya,ada juga perintah yang memang pasti dan akan dipergunakan selama proses detailing tersebut.

Beberapa tool atau perintah baik yang penting untuk dipergunakan atau hanya untuk sesaat terkelompok dalam deretan seperti dibawah ini :
  • Line / L untuk membuat garis baru atau garis bantu,garis center,garis sumbu,garis section.
  • Layer untuk membuat layer tempat pengelompokan nama layer,jenis garis,warna garis,tebal dan tipis garis.
  • Dimension,tool ini akan sangat diperlukan bagi seorang drafter guna memberikan keterangan-keterangan ukuran mengenai spesifikasi gambar objek tersebut.
  • Arsir / H,tool ini berfungsi untuk memberikan efek section atau potongan sebuah pandangan perpotongan,demikian pula perintah ini dipergunakan untuk memberi efek material,sehingga para pembaca gambar tersebut jadi mengerti material apa yang akan dipergunakan,misalnya bata,batu kali,pondasi dsb.
  • Properties,dengan menggunakan perintah ini,kita bisa merubah properties atau identitas sebuah object tanpa perlu semua ikut berubah,misalnya memberikan angka toleransi pada sebuah ukuran,besar kecilnya teks dimensi yang khusus dsb.
  • Match properties / MA,perintah ini berfungsi hanya untuk merubah properties sebuah object untuk menjadi sama dengan properties object lain yang akan dijadikan acuan.
  • Scale / SC. Dengan perintah ini kita bisa membuat detail view jadi lebih dinamis,jika gambar terlalu kecil maka dengan scale dan detail view bisa kita tampilkan lebih lebar lagi.
  • Plot / ctrl+P,perintah plot ini diperuntukan ketika kita akan melakukan print out atau merubah file tersebut menjadi file PDF dari dwg.
  • Dan masih banyak yang lainya.


Demikian beberapa tool / perintah yang paling sering dipergunakan oleh para drafter AutoCAD yang sedang mengerjakan proses detailing gambar AutoCAD,semoga dapat bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:43 AM

2 comments:

  1. Ooh ini kumpulan perintah detilnya ya mas, perasaan aku tadi udah kesini pantesan judulnya hampir sama.. trims ya semakin memperjelas panduannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tadi mbak kunjungi tutorial tentang kumpulan perintah autocad paling penting untuk menggambar 2D,kalo ini khusus detailing mbak gan

      Delete

RECENT POST