Home » » Mendesain Laboratoirum dengan AutoCAD.

Mendesain Laboratoirum dengan AutoCAD.

Mendesain Laboratoirum dengan AutoCAD.

Selamat siang rekan AutoCAD Tangerang semua,met weekend kata para kaum muda,,kali ini saya ingin bercerita sebuah pengalaman pribadi saya dalam dunia tarik menarik garis,pengalaman saya ini tentang datangnya berupa pesanan untuk mendesain sebuah bangunan ruangan untuk laboratorium kimia ( chemical Laboratory ) yang dipesan oleh mr.Adi kemaren petang.

Mendesain ruangan dan inventory yang ada didalam ruangan tersebut dengan bentuk penyajian 3D memang lumayan menguras konsentrasi saya,sampai hampir menjelang subuh saya mengeksekusi desain tersebut,walhasil alhamdulillah puji tuhan semua beres dan approve langsung tadi sekitar jam 9.

3D software untuk merancang ruang laboratorium.

Karena permintaanya berbentuk 3D,maka saya menggunakan software atau aplikasi 3D,yakni kolaborasi antara AutoCAD,Autodesk Inventor dan juga ada bumbu solidwork disana,dengan pembagian tugas-tugasnya seperti ini :
  • AutoCAD : software ini saya pergunakan pada saat permulaan dan finishing desain,artinya saya pergunakan untuk membuat sketsa dari layout ruang tersebut,sketsa lemari dan meja lab,kemudian saya pergunakan kembali di akhir episode untuk membuat shop drawingnya alias detail gambar,etiket dsb.

  • Autodesk Inventor : software ini saya pergunakan untuk membuat objek-objek 3D nya,misalnya lemari,meja lab,pintu dan jendela rak dsb.

  • Solidwork : untuk software yang satu ini saya pergunakan untuk mengasembling atau merakit part-part yang telah dibuat fari Autodesk inventor sebelumnya,kemudian tugas utama dari aplikasi ini adalah pada saat pemberian efek material,seperti wood,granit,glass dsb.

Dari kolaborasi maut di atas maka menghasilkan sebuah ruangan laboratorium pesanan tersebut.

3D ruangan laboratorium.

Penampakan dari hasil desain saya tersebut adalah seperti ini :
Mendesain Laboratoirum dengan AutoCAD.
Mendesain Laboratoirum dengan AutoCAD.

Demikian semoga bermanfaat,maaf kalau masih banyak kekurangan dimana-mana,mohon dimaklumi karena masih dalam taraf belajar..


Adios amigo..!!!
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:25 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST