Home » » Perintah Boolean Dalam Dunia 3D AutoCAD.

Perintah Boolean Dalam Dunia 3D AutoCAD.

Perintah Boolean Dalam Dunia 3D AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang pernah mendengar tentang perintah boolean dalam dunia AutoCAD belum..? atau anda mengetahui perintah-perintah apa saja yang termasuk dalam kumpulan perintah boolean tersebut..? secara pribadi saya baru mengetahui istilah boolean itu sendiri,meski setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan perintah boolean dan perintah yang termasuk didalamnya,ternyata perintah-perintah tersebut sudah sangat akrab sekali dengan saya.

Pengertian perintah boolean.

AutoCAD Tangerang
Boolean dalam AutoCAD

Boolean adalah perintah-perintah yang dipergunakan dalam AutoCAD untuk membuat sebuah objek 3D solid, ) Dengan fasilitas Boolean ini kita dapat membuat suatu permukaan objek padat atau menggabungkan dua atau lebih objek padat,artinya jika kita membuat sebuah objek 3d solid maka perintah-perintah yang dipergunakan untuk membuat objek tersebut dinamakan boolean.

Nah sekedar mengingatkan bahwasanya membuat benda 3D di dalam AutoCAD itu ada dua jenis yakni 3D Solid dan 3D surface,jika 3D solid maka objek yang dihasilkan akan berbentuk padat dan berisi atau banyak yang mengistilahkan dengan bentuk pejal,sedangkan untuk 3D surface maka objek yang dihasilkan hanya berbentuk lembaran yang didalamnya kosong alias bolong.

Perintah Boolean.

Adapun beberapa perintah dalam AutoCAD yang termasuk dalam kategori boolean adalah sebagai berikut :
  • UNION. Fungsi dari perintah ini adalah untuk menggabungkan dua atau lebih objek 3D menjadi satu,untuk mengetahui cara menggunakan perintah union silahkan baca tutorialnya dengan judul :

  • SUBTRACT.Perintah Subtract digunakan untuk mebuang suatu obyek padat sesuai dengan obyek padat lain yang berpotongan pada obyek padat tersebut.

  • Intersect. Perintah Intersect digunakan untuk membuat obyek padat dari perpotongan/irisan dua atau lebih obyek 3D artinya benda atau area yang berada diantara dua buah objek solid inilah yang akan menjadi objek baru.


Demikian tentang pengertian perintah boolean dalam AutoCAD dan perintah-perintah yang termasuk dalam kategori boolean tersebut.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 5:04 PM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST