Home » » Teks AutoCAD tidak terbaca di PDF.

Teks AutoCAD tidak terbaca di PDF.

Teks AutoCAD tidak terbaca di PDF.

  • Rekan AutoCAD Tangerang apakah pernah membuat file PDF langsung dari AutoCAD..?
  • Apakah semua teks dimensionya terbaca jelas semua...?
  • Atau hanya berbentuk titik-titik saja...?

Beberapa pertanyaan diatas adalah inti dari kejadian yang menimpa salahsatu murid saya yang mengalami kendala dengan tampilan teks dimensionya yang seketika berubah menjadi titik-titik saja tanpa bisa terbaca sedikitpun pada saat dipindahkan dari AutoCAD kedalam file PDF.


Seperti Contoh :
                                    AutoCAD Tangerang
Teks AutoCAD tidak terbaca di PDF.

Mengapa teks atau teks dimensi di AutoCAD tidak terbaca PDF.

Pada saat kita akan membuat file PDF dari AutoCAD ( convert dwg to PDF ),terkadang ada jenis font tertentu yang tidak bisa terkonversi dengan sempurna oleh PDF,sehingga tidak bisa terbaca ketika file PDF tersebut selesai dibuat.

Font Arial dan Arial Balck

Font yang tidak bisa terkonversi dengan sempurna di PDF adalah jenis font arial dan arial black,tetapi tidak serta merta kedua jenis font tersebut mengalami kendala ketika di konversi ke PDF dari AutoCAD,kedua font ini akan mengalami perubahan pada saat kita melakukan editing terhadap teks tersebut misalnya dengan menambah simbol diameter,derajat maupun simbol lain dalam AutoCAD.

Jadi kesimpulanya : ketika kita menggunakan jenis font arial atau arial balack pada saat membuat teks biasa maupun teks dimensi di AutoCAD akan tidak bisa dengan sempurna terkonversi ke PDF apabila kita melakukan editing terhadap teks tersebut untuk menambahkan simbol dsb,namun jika langsung kita lakukan print out ( plotting ) dari AutoCAD teks tersebut dapat di print dengan sempurna tidak ada masalah.


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:10 AM

2 comments:

  1. Replies
    1. solusinya mengganti text standard AutoCAD dengan text yang bisa terconversi menjadi teks yang lebih bagus,atau kembalikan ke font bawaan AutoCAD yakni .txt

      Delete

RECENT POST