Home » » Cara Melakukan Multiple Plot Dalam AutoCAD.

Cara Melakukan Multiple Plot Dalam AutoCAD.

Cara Melakukan Multiple Plot Dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,selamat bersua kembali dengan blog AutoCAD Tangerang ini,setelah beberapa hari yang lalu saya tidak sempat untuk menyapa rekan semua,karena beberapa faktor,nah pada tulisan saya yang terdahulu saya pernah menceritakan tentang panduan bagaimana melakukan plotting atau mencetak gambar AutoCAD.jika masih belum membacanya silahkan kunjungi kembali tulisanya dengan judul : Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.

Melanjutkan tentang cara mencetak gambar AutoCAD kali ini saya ingin berbagi sebuah tutorial yakni tentang cara melakukan multiple plot dalam AutoCAD,lalu apa yang dimaksud dengan multiple plot tersebut...?

Multiple plot dalam AutoCAD.

Sebenarnya saya sendiri bingung ketika harus memilih judul apa dari tutorial ini,apakah multiple plot,cara mencetak gambar AutoCAD menjadi beberapa kertas,cara mencetak gambar AutoCAD langsung banyak,dan masih banyak judul-judul yang sebenarnya mewakili dari tutorial kali ini,akhirnya saya memutuskan menggunakan multiple plot.

Multiple plot disini artinya kita melakukan proses mencetak gambar AutoCAD kemudian langsung menduplikasi kedalam beberapa lembar kertas secara bersamaan,dengan kata lain hanya menggunakan sekali perintah kita bisa menghasilkan hasil cetakan lebih dari satu kertas dengan gambar yang sama.

  • Mengapa perlu melakukan multiple plot...?

Sebuah gambar yang akan di cetak tentu memiliki kepentingan sendiri-sendiri,dan sebuah gambar biasanya tidak hanya satu orang atau satu departemen saja yang membutuhkan gambar tersebut,bisa untuk accounting,purcashing,gudang,quality control,sampai kepada tingkat operator membutuhkan gambar hasil cetakan tersebut,nah kebayangkan jika kita mencetak gambar untuk beberapa departemen dan kita mencetaknya satu persatu,tentu memakan waktu yang tidak sedikit.

Tutorial cara mecetak gambar menjadi beberapa lembar kertas.

Cara Melakukan Multiple Plot Dalam AutoCAD.
Cara Melakukan Multiple Plot Dalam AutoCAD.

  • Persiapkan gambar yang akan dicetak.
  • Masukan perintah plot dengan cara tekan ctrl+P.
  • Lakukan settingan seperti biasa ketika kita akan melakukan plotting.
  • Isilah pada kolom number of copies dengan jumlah yang kita inginkan,misalnya 2 jika ingin menjadi 2 lembar dst.
  • Ok dan lakukan proses mencetak gambar seperti biasa,maka kertas yang akan keluar lengkap dengan gambarnya sesuai dengan angka yang kita isikan pada kolom number of copies.
Demikian cara melakukan proses mencetak gambar langsung menjadi beberapa lembar kertas,yang pada saat ini kita menamakan multiple plot,semoga bermanfaat.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:51 PM

3 comments:

  1. hebat euyyyy siakang bisa autocad, saya ga lulus2 nyobaik programnya...padahal saya minat banget menggambar 3D, akhirnya saya mendalami google sketchup aja, hasilnya lumayan buat pake sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. google sketchup juga banyak yang menggunakan ko pak,dan memang support untuk menggambar hal-hal tertentu..thanks atas kunjunganya

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

RECENT POST