Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD. - AUTOCAD TANGERANG

Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.

Friday, February 6, 2015

Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.

ads

Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,setiap kita selesai melakukan proses desain atau mendetail sebuah objek menggunakan AutoCAD,maka proses selanjutnya adalah mencetak gambar tersebut atau istilahnya print out,jika dalam bahasa AutoCAD dikenal juga dengan nama plotting.

Sebenarnya cara mencetak gambar dari AutoCAD itu tidaklah berbeda jauh dengan ketika kita mencetak file dari microsoft words,microsoft excell,powerpoint dsb,hanya mungkin dialog box dan settinganya yang sedikit berubah.

Setting plot sebelum mencetak gambar.

Sebelum melakukan proses mencetak / print out/ plot sebuah gambar maka kita akan dihadapkan pada plot dialog box yang berfungsi untuk kita melakukan proses settingan,lalu apa saja settingan yang perlu kita rubah dalam plot dialog box tersebut.
Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.
Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.

  • Plot name : jenis/type/printer yang akan dipergunakan untuk mencetak gambar misalnya Epson Stylus Photo 360,cara ini juga bisa kita pergunakan untuk membuat file PDF dari gambar AutoCAD,coba buka kembali tulisan saya tentang cara merubah file dari AutoCAD ke PDF.
  • Papper Size : dalam kolom ini kita bisa melakukan settingan jenis dan ukuran kertas apa yang akan dipergunakan untuk mencetak gambar,misalnya A4,A3,A2,A1 dsb.
  • Plot Area : pada kolom plot area kita diberikan beberapa pilihan yaitu display,limits,extends dan yang teahir windows,secara umum kebanyakan menggunakan windows pada saat memilih plot area,jadi kita hanya memilih area tertentu saja yang akan kita cetak,kalau dalam microsoft word atau excell dinamakan plot selections.
  • Plot offset  : ini adalah pilihan buat kita untuk menentukan disebelah mana gambar akan kita cetak,apakah posisi kiri,kanan atau tengah,nah jika kita memutuskan untuk mencetak gambar tepat ditengah kertas yang kita siapkan maka kita tinggal melakukan check list ( centrang ) pada kotak center the plot.
  • Plot scale : jelas sekali maksud dari settingan ini,yaitu kita boleh melakukan skala pembesaran maupun skala pengecilan,misalnya 1:1 maka gambar dengan benda ukuranya sama,dst.
  • Plot style table : pada bagian ini kita bisa melakukan settingan khusus warna,artinya kita bisa melakukan print out dengan warna sesuai dengan gambar di komputer,atau hanya hitam putih saja,kebanyakan yang dipergunakan adalah none berarti untuk mencetak gambar berwarna,dan monochrome untuk mencetak gambar menjadi hitam putih.
  • Drawing orientations : pada kolom ini kita melakukan settingan terhadap arah kertas yang akan dipergunakan untuk mencetak gambar,dalam hal ini pilihanya ada dua yakni landscape atau potrait.

Cara melakukan print gambar AutoCAD.

  • Klik plot dari file pada menu bar atau.
  • Klik ikon plotting pada toolbar,atau
  • Ketik Ctrl+P kemudian enter.
  • Lakukan setingan seperti tersebut diatas.
  • Lakukan preview terlebih dahulu,jika ok maka klik kanan dan klik plot
  • Selesai.
Atau Lihat Versi Video Tutorialnya : Panduan Cara Mencetak Gambar AutoCAD.



bm

Memulai belajar AutoCAD dan gambar teknik sejak tahun 2004,berusaha mengajak orang lain untuk memiliki kemampuan gambar teknik serta mampu mengoperasikan AutoCAD.