Home » » Tips Mengajar AutoCAD dengan AutoCAD berbeda Tahun releasenya.

Tips Mengajar AutoCAD dengan AutoCAD berbeda Tahun releasenya.

Tips Mengajar AutoCAD dengan AutoCAD berbeda Tahun releasenya.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,terutama bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai pembimbing atau guru AutoCAD yang akrab dikenal dengan nama tutor AutoCAD,tentu sering mengalami kendala pada saat proses belajar mengajar tersebut,perihal paling sering yang menjadi kendala adalah tidak seragamnya aplikasi/software AutoCAD yang terinstall pada komputer peserta kursus.

Lalu mengapa software AutoCAD yang berbeda-beda tahun terbitnya tersebut menjadi masalah pada saat proses belajar dan juga bagi para pengajarnya...?

AutoCAD Versi dan AutoCAD Release.

Seperti kita ketahui bahwasanya AutoCAD itu akan selalu menerbitkan AutoCAD setiap tahunya,dengan begitu antara satu AutoCAD akan berbeda dengan AutoCAD yang lain,baik secara tampilan,penempatan toolbar dsb,misalnya yang paling mencolok perbedaanya adalah AutoCAD yang rilis pada tahun 2007 dengan AutoCAD 2010,apalagi AutoCAD 2007 dibandingkan dengan AutoCAD yang rilis pada tahun 2015.

Perbedaan-perbedaan ini sudah barang tentu akan “sedikit” mempersulit bagi mereka yang berprofesi sebagai pengajar,apalagi bagi mereka yang memiliki AutoCAD tidak sama dengan AutoCAD yang menjadi alat panduan dari guru pembimbing,misalnya guru dan buku panduan menggunakan AutoCAD tahun 2015 sedangkan murid masih menggunakan AutoCAD tahun 2004 atau sebaliknya.

Bayangkan jika seorang guru menerangkan sebuah tutorial bagaimana cara menggunakan perintah Array Path,seorang guru yang notabene menggunakan aplikasi AutoCAD tahun 2015 tentu sudah tidak kesulitan,tetapi bayangkan jika mereka menggunakan AutoCAD 2011 kebawah,kan gak ada tuch perintah Array path,jadi mesti mengajarkan perintah DIVIDE dulu kan...dan masih banyak lagi kendala yang lain.

Untuk mengantisipasi perbedaan-perbedaan antara aplikasi AutoCAD tahun yang satu dengan yang lain,maka setiap pengguna AutoCAD baik yang sedang belajar apalagi bagi pengajarnya maka saya akan sedikit berbagi tips dan trik bagaimana cara mengajar AutoCAD sedangkan AutoCAD yang dimiliki murid saling berbeda satu dengan yang lain tahun terbitnya.

Tips dan trik mengajar AutoCAD berbeda rilis dan versinya.

Sebenarnya tidaklah banyak yang perlu kita lakukan pada saat mengajar murid yang aplikasi AutoCADnya berbeda beda,yang perlu kita lakukan adalah mengajarkan perintah AutoCAD ( command ) dengan cara mengetikan Command Alias atau perintah singkatan,sehingga meminimalisir murid melakukan perintah AutoCAD dengan cara klik,karena sudah jelas ada perbedaan tampilan dan akses perintah antara AutoCAD satu dengan AutoCAD yang lainya.

Contoh : kita akan membuat konstruksi Line,maka jika kita mengakses pada AutoCAD 2009 keatas bisa kita temukan dengan melakukan klik pada tab Line di menu bar,sementara pada AutoCAD tahun 2008 kan tidak ditemukan perintah itu,maka yang paling bijak adalah untuk membuat garis konstruksi maka masukan atau ketikan perintah XL pada kolom perintah dst..dst...selesai.

Jika sudah ketemu command aliasnya maka siapapun orangnya tidak akan memikirkan dimana letak toolbar atau cara mengakses perintah tersebut,berarti dengan mengajarkan command alias kita sudah mengajarkan cara cepat memasukan perintah pada AutoCAD,tanpa melihat AutoCAD yang dipergunakan terbit tahun berapa.


Jadi tips dan trik mengajar AutoCAD yang berbeda-beda tahun terbitnya salah satunya adalah mengajarkan command alias pada saat melakukan perintah kepada AutoCAD.

Tips Mengajar AutoCAD dengan AutoCAD berbeda Tahun releasenya.
Tips Mengajar AutoCAD dengan AutoCAD berbeda Tahun releasenya.

Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 4:09 PM

3 comments:

  1. ada ngga sih cara mudah yang mudah banget dimengerti oleh orang awam yang sebelumnya tidak mengetahui mengenai kegunaan autocad

    ReplyDelete
  2. oh seperti itu..
    lebih gampang kalo langsung praktek aja..

    ReplyDelete

RECENT POST