Home » » Cara Unik Membuat Ellipse di AutoCAD.

Cara Unik Membuat Ellipse di AutoCAD.

Cara Unik Membuat Ellipse di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,pernah mengetahui dan mengenal bentuk ellipse kan,,,? Itu lho yang kebanyakan disebut orang dengan nama bulat lonjong atau juga kerap disebut dengan istilah oval.

Dalam dunia AutoCAD menggambar bulat lonjong atau oval itu diberi nama ellipse dan perintah yang dipergunakan adalah ellipse atau EL,ini secara defaultnya,tetapi ada juga cara yang terbilang unik dalam membuat ellipse dalam AutoCAD,mengapa saya bilang unik...? nah ikuti kisahnya berikut ini.

Cara membuat ellipse dalam AutoCAD.

Sebelum kita memulai pembahasan kita tentang cara unik membuat ellipse ada baiknya kita mengenang kembali cara membuat ellipse dalam AutoCAD menggunakan perintah ellipse,untuk itu silahkan kunjungi tulisan saya dengan judul : cara cepat membuat ellipse di AutoCAD.

Nah jika sudah membaca tutorial yang tersebut diatas,itu baru cara umum karena dibuat memang menggunakan perintah ellipse,sedangkan cara unik membuat ellipse kali ini justru tidak dibuat menggunakan perintah ellipse.
Cara Unik Membuat Ellipse di AutoCAD.
Cara Unik Membuat Ellipse di AutoCAD.

Cara unik membuat ellipse dalam AutoCAD.

  • Buatlah sebuah objek persegi panjang dengan ukuran 100x50 menggunakan perintah rectangle.
  • Masukan perintah PEDIT.
  • Pilih objek yakni persegi panjang tersebut diatas.
  • Setelah muncul beberapa pilihan kemudian pilih spline.
  • Enter/ok.



Demikian cara unik membuat objek ellipse tetapi tidak menggunakan perintah ellipse melainkan menggunakan perintah polyline edit alias PEDIT,semoga membantu.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 10:29 PM

8 comments:

  1. wah, sepertinya masih harus banyak belajar ni mas untuk urusan AutoCAD.

    ReplyDelete
  2. kalo mau jadi lingkaran pilih yang fit. betul pak?

    ReplyDelete
  3. oh ternyata seperti itu...
    terimakasih informasinya ya, sangat bermanfaat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali...sudah berkunjung

      Delete
  4. Mas,saya mau minta solusi soal autocad 3d,kebetulan saya lagi latihan buat pressure vessels, ternyata ada hole pipe yang berbentuk oval karena posisi nya tidak memungkinkan berbentuk lingkaran, padahal saya ingin ujung piping nya berbentuk lingkaran,Gimana cara nya supaya penyambungan pipe dengan hole nya berbentuk oval terlihat smooth..tolong refrensi mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang mas fritz mauritz..maaf baru bisa balas komentar anda,,,jika yang anda maksud membuat obyek 3D solid dengan memiliki dua bentuk geometris yang berbeda antara ujung satu dengan yang lain,maka saya anjurkan untuk membuat menggunakan perintah loft pak..

      Delete

RECENT POST