Home » » Berlayar Bersama AutoCAD LT tahun 2013.

Berlayar Bersama AutoCAD LT tahun 2013.

Berlayar Bersama AutoCAD LT tahun 2013.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,bagaimana kabar dan kesuksesan aktifitasnya,semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan,keselamatan diri pribadi dan juga keluarga serta saudara kita semua,tak lupa pula semoga kesuksesan selalu memayungi segala aktifitas kita.

Sudah beberapa hari dan minggu ini saya tidak menengok blog kesayangan saya ini,karena banyak sekali kendala dan adanya aktifitas baru yang sedikit banyak perlu untuk diluangkan waktu serta pikiran,semoga semua segera berlalu dan saya cepat kembali untuk mengisi tulisan-tulisan,tutorial,file latihan dsb pada blog AutoCAD Tangerang ini.

Salah satu yang unik dari aktifitas saya yang terbaru adalah bekerja menggunakan AutoCAD dengan format yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya yang pernah saya pergunakan,yakni AutoCAD LT.pernah mendengar kan istilah AutoCAD LT, kalo belum pernah dengar pasti belum tahu bedanya dengan AutoCAD umum,sedangkan yang sudah pernah dengar isitilah itu saja terkadang masih belum tahu perbedaanya.
Berlayar Bersama AutoCAD LT tahun 2013.
Berlayar Bersama AutoCAD LT tahun 2013.

AutoCAD LT.

AutoCAD LT adalah Aplikasi/software versi ringan dari AutoCAD yang diciptakan oleh Autodesk untuk pengguna yang lebih banyak menggunakan proses kerja menggambar dalam format 2D.jadi pada prinsipnya antara AutoCAD umum dengan AutoCAD LT ini sama,hanya pada AutoCAD umum kita bias menggambar dalam format 2D juga format 3D,sedangkan pada AutoCAD LT kita hanya bisa menggambar dalam format 2D,sedangkan untuk format 3D hanya bias membuka saja tanpa bisa melakukan pengeditan terhadap objek tersebut.

Tujuan AutoCAD LT.

Perlu kita ketahui bersama bahwasanya AutoCAD LT tercipta setelah AutoCAD umum,pertanyaan yang kemudian muncul adalah mengapa perlu diciptakan AutoCAD LT sedangkan sudah ada AutoCAD umum yang jelas-jelas memiliki kemampuan lebih bila dibandingkan dengan AutoCAD LT yang hanya bisa untuk format 2D saja..?

Pertanyaan tersebut diatas pun pernah juga terombang – ambing dalam benak saya,setelah melalui beberapa proses akhirnya saya sedikit menemukan titik terang mengapa AutoCAD LT diciptakan,beberapa diantaranya adalah sbb :
  • Format : ada beberapa perusahaan dan bidang usaha tertentu yang “ tidak membutuhkan “ gambar desain dalam bentuk format 3D,mereka hanya membutuhkan gambar-gambar 2D saja sebagai contoh perusahaan konveksi/garment,konstruksi.maping dsb.berbeda dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan molding,manufaktur,dsb.
  • Harga : untuk mendapatkan software asli untuk AutoCAD umum kita mesti mengeluarkan biaya tidak kurang dari $4000 ( atau setara dengan Rp.52.000.000 ) sedangkan untuk mendapatkan software asli AutoCAD LT kita dikenakan biaya sebesar $900 ( setara dengan Rp.11.700.000 ).
  • Dsb.

Dari sekilas tentang pengertian dan apa perbedaan antara AutoCAD LT dengan AutoCAD umum maka sekarang kita jadi lebih mengerti mengapa Autodesk menciptakan AutoCAD LT,sekarang saya kembalikan kepada rekan-rekan semua untuk memilih mana antara AutoCAD LT dengan AutoCAD umum,sesuai dengan kebutuhan jenis gambar yang akan dikerjakan.

Tapi jika kebutuhanya untuk proses belajar ( kursus ) saran saya menggunakan AutoCAD umum,karena kita juga sekaligus bisa belajar 3D selain 2D.

Bukan berarti rekan semua tidak saya perbolehkan untuk belajar AutoCAD menggunakan versi AutoCAD LT lho,karena ada untungnya juga mempelajari LT,siapa tau suatu saat nanti kita dihadapkan pada aplikasi tersebut,kan susah kalau hanya mengandalkan satu versi saja.
demikian


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:13 AM

1 comments:

RECENT POST