Home » » Cara menghapus garis bertumpuk dalam AutoCAD.

Cara menghapus garis bertumpuk dalam AutoCAD.

Cara menghapus garis bertumpuk dalam AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kita sering kali membutuhkan sketsa dalam bentuk polyline,baik itu untuk keperluan menambah ketebalanya,sampai untuk keperluan membuat objek 3D Solid.pada saat membuat sketsa yang masih terhitung sederhana maka kita dapat dengan mudah menggunakan perintah polyline,tetapi ketika gambar yang akan kita buat sedikit lebih rumit karena perpaduan dari Line,Arc dsb maka akan kesulitan ketika langsung menggunakan perintah Polyline.

Untuk mengantisipasi hal tersebut dan tentu rekan – rekan AutoCAD semua sering pergunakan yakni melakukan proses joint dengan menggunakan perintah PEDIT singkatan dari Polyline Edit.lalu apa kaitanya perintah PEDIT dengan permasalahan garis bertumpuk…?

PEDIT.

Pedit adalah perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk melakukan proses penggabungan dua atau lebih objek,sehingga akan berubah menjadi sketsa berbentuk polyline,pedit juga bisa berfungsi untuk member penebalan garis dsb.

Pada saat akan melakukan penggabungan sebuah sketsa menggunakan perintah PEDIT maka kita akan melewati proses pemilihan objek ( select object ) nah jika terjadi penumpukan garis maka bisa dipastikan proses penggabungan ini akan gagal alias tidak berhasil,terlebih jika kita melakukan select object nya menggunakan block.

Jadi kesimpulanya jika kita ingin melakukan proses joint dengan perintah PEDIT maka kita harus memastikan  bahwa objek yang kita pilih tidak terjadi penumpukan.

Overkill.

Salah satu solusi yang bisa kita pergunakan adalah memanfaatkan perintah OVERKILL yang bisa berfungsi membuang,menghapus dan membinasakan penumpukan garis tersebut,sehingga tidak mengganggu proses – proses yang kita inginkan.

Baiklah mendingan kita bongkar bagaimana caranya menggunakan perintah overkill tersebut.
  • Buatlah beberapa garis yang bertumpuk.
  • Masukan perintah overkill dari command line kemudian enter.
  • Pilihlah objek yang akan dibersihkan dengan cara block kemudian enter.
  • Setelah muncul delete duplicate object dialog box maka
Cara menghapus garis bertumpuk dalam AutoCAD.
Cara menghapus garis bertumpuk dalam AutoCAD.

  • Pilihlah bentuk duplikasi apa yang akan dihilangkan dengan cara mencentrang kotak yang ada.
  • Klik tombol ok untuk mengahiri.

Demikian sekilas tentang terjadinya penumpukan garis pada AutoCAD yang sering mengakibatkan gagalnya proses PEDIT,dengan menggunakan perintah overkill maka kita lebih nyaman dari gangguan penumpukan objek..semoga membantu.



Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 2:29 PM

3 comments:

RECENT POST