Home » » Satu hari,satu perintah, kunci utama mahir AutoCAD.

Satu hari,satu perintah, kunci utama mahir AutoCAD.

Satu hari,satu perintah, kunci utama mahir AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang,kita tentu mengenal sosok ustadz muda nan tampan bernama yusuf mansyur,yang memiliki pondok pesantren tanfidz qur’an atau pondok pesantren bagi mereka yang ingin memiliki kemampuan hafal alqur’an,lalu apa kaitanya ust. Yusuf mansyur tersebut dengan pembahasan kita kali ini tentang kunci utama mahir AutoCAD.

Ada sebuah motto atau slogan yang kerap kali di kumandangkan oleh beliau ( ust. Yusuf mansyur ) yakni one day,one ayat yang memiliki arti satu hari,satu ayat,seperti kita ketahui bahwa jumlah ayat alqur’an itu mencapai lebih dari 6000an,kalau kita dalam satu hari menghafal satu ayat maka kurang lebih dalam tempo 17thn kita bisa hafal seluruh ayat al-qur’an,begitu juga dengan belajar AutoCAD,jika kita asumsikan seluruh perintah AutoCAD itu berjumlah 1000 perintah,maka dengan kita belajar satu tool/perintah pada setiap harinya maka kurang dari 4 tahun kita bisa menguasai AutoCAD.

Satu hari,satu perintah AutoCAD.

Yap dengan menggunakan metode belajar satu hari,satu perintah maka setiap hari kita di tuntut untuk selalu belajar tool atau perintah baru,inget ya setiap hari…bukan harus sepuluh perintah dalam satu hari terus kemudian 9 hari berikutnya libur,hanya satu perintah dalam satu hari.

Padahal sejatinya tidak semua tool atau perintah dalam AutoCAD itu akan kita pergunakan selalu,mungkin hanya sebagian kecil saja yang akan kita pergunakan,semacam contoh pekerjaan seorang drafter sebuah perusahaan civil konstruksi,maka drafter tersebut akan lebih banyak menggunakan perintah – perintah drafting atau detailing seperti perintah draw,modify,dimension,layering dan properties sedangkan tool yang ada sangkut pautnya dengan benda 3D sudah bisa dipastikan jarang dipergunakan.

Jika seperti itu keadaan yang sering terjadi maka terkadang seseorang yang belajar AutoCAD itu berpikir,akh saya sudah bisa kok menggunakan AutoCAD,buktinya saya sudah di angkat sebagai drafter di perusahaan saya,maka saya sudah tidak perlu lagi belajar untuk mengetahui dan menguasai tool / perintah AutoCAD yang lain.

Padahal pemikiran seperti itu sangat tidak pas untuk mereka yang ingin terus maju dan berkembang dalam dunia AutoCAD,dunia AutoCAD selalu mobile mengikuti kebutuhan zaman,banyak update informasi yang terkadang tidak sampai ke telinga kita,dari tahun ke tahun banyak tool dan perintah dalam AutoCAD yang mengalami modifikasi baik penambahan maupun pengurangan,semua itu jelas tujuanya untuk menghasilkan gambar AutoCAD yang mumpuni.

Tapi semua itu akan sia – sia dan musnah begitu saja ketika orang – orang yang menggunakan AutoCAD hanya puas dengan kemampuan mereka saat ini,puas dengan posisi kerja saat ini,puas dengan gaji mereka saat ini,dan yang terahir mereka beranggapan bahwa mereka saat ini sudah menjadi yang terbaik dalam menggunakan AutoCAD…padahal….?
Satu hari,satu perintah, kunci utama mahir AutoCAD.
Satu hari,satu perintah, kunci utama mahir AutoCAD.

Kunci utama mahir AutoCAD.

Menjadi mahir menggunakan AutoCAD sudah merupakan impian dan harapan setiap orang yang belajar AutoCAD,bayangan kerja ringan dengan ruangan ber-AC,gaji yang sudah diatas UMK,dsb dapat menjadi stimulant terhadap manusia untuk belajar dan menguasai AutoCAD.

Terkadang tidak sedikit yang berhenti di tengah jalan atau ada juga yang sudah belajar AutoCAD tapi kemampuanya masih seperti itu tahun ke tahun,tentu ada banyak faktor yang menyebabkan kejadian tersebut,salah satu solusi yang saya tawarkan kepada rekan-rekan AutoCAD Tangerang semua adalah dengan konsisten menerapkan metode one day one tool atau satu hari,satu perintah.

Bukan metode ini saja satu – satunya yang bisa menjadi penentu keberhasilan seseorang belajar AutoCAD tapi metode ini bisa menjadi alternative yang ampuh,saya sudah mencoba menganalisa metode tersebut terhadap rekan – rekan yang belajar di tempat kursus saya,tak lepas dari itu juga karena metode ini yang sudah saya praktikan dari beberapa tahun belakangan.

Baca juga kunci sukses belajar AutoCAD lainya : 3 Langkah Sukses Belajar AutoCAD.


Menjadi mahir bukan perkara sulit,cobalah untuk konsisten dan satu perintah dalam satu hari bisa menjadi solusi bagi anda menguasai dan mahir AutoCAD.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:35 AM

4 comments:

  1. Saya nggak lulus2 nih belajar autocad karena banyaknya perintah yang harus kita kuasai.....jadi hanya bisa mengoperasikan google sketchup

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..bisa aja agan nich...saya malah tidak terlalu bisa mengoperasikan sketchup..kapan2 bisa minta di ajarin nich kl gt..hehe

      Delete
  2. Pak ruangan saya sudah ber Ac, tapi belum menguasai perintah :(
    saya mau mulai dari awal pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ya mulai dari awal lagi belajar lagi kang agus,,gmn kabar,,kok gak pernah maen..sertifikat udah jadi lho

      Delete

RECENT POST