Home » » Alasan menggambar benda 3D di AutoCAD.

Alasan menggambar benda 3D di AutoCAD.

Alasan menggambar benda 3D di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,kita mengenal gambar dalam AutoCAD itu dengan istilah gambar 2D dan juga gambar 3D,dimana diantara kedua jenis gambar tersebut memiliki karakter dan identitas yang saling berbeda,dan hal yang paling membedakan antara keduanya adalah proses menggambarnya.

Jika gambar dalam bentuk 2D kita akan disuguhkan sebuah gambar yang tidak memiliki arti ketebalan,dalam artian gambar 2D hanya berada pada sumbu koordinat X dan Y saja,sementara jika berbicara benda 3D maka kita akan mendapatkan bentuk yang sempurna karena memiliki nilai ketebalan yakni sumbu X,Y dan tentu Z.

Jika ingin melihat sekilas tentang perbedaanya adalah dengan melakukan perintah orbit pada AutoCAD maka kita akan dapat dengan mudah membedakan sebuah gambar tersebut berbentuk 2D atau 3D,untuk pembahasan ini silahkan kunjungi rumah ibadah terdekat,eh maksud saya artikel saya yang berjudul,cara mengecek gambar 2D atau 3D dalam AutoCAD.
Alasan menggambar benda 3D di AutoCAD.
Alasan menggambar benda 3D di AutoCAD.

Tujuan membuat benda 3D dalam AutoCAD.

Setiap proses menggambar tentu ada tujuan dan maksud yang diharapkan oleh seorang pengguna AutoCAD,misalnya adalah membuat dan menampilkan sebuah obyek dalam bentuk 3D,lalu apa alasan dan tujuan seseorang menggambar obyek dalam bentuk 3D,berikut beberapa alasanya :
  • View orientation : dengan menampilkan sebuah obyek menjadi obyek 3D maka akan mempermudah orang lain yang ingin melihat atau menganalisa bentuk asli obyek tersebut,karena ketika obyek tersebut sudah digambar dalam bentuk 3D kita bisa melihat dari segala sudut pandang ( view ) bahkan bagian dalamnya.
  • Mass properties : ini mungkin hal yang sering terlupakan dari seorang drafter bahwa dengan menggambar benda menjadi benda 3D maka dengan begitu dapat mempermudah bagi orang lain untuk menghitung berat massa benda,volume dsb,ini tentu juga terkait masalah harga dari produk itu nantinya.
  • Rendering : kalau untuk fungsi yang satu ini,biasanya sangat diperlukan bagi mereka yang bekerja dibidang civil konstruksi,desain interior maupun eksterior,dsb,sementara untuk diperusahaan dengan bidang fabrikasi,manufacture atau desain molding kurang begitu diperlukan.

Kerugian menggambar benda 3D dalam AutoCAD.

Dibalik manfaat menggambar menggunakan bentuk 3D,ada juga kekurangan atau kelemahan menggambar objek dalam bentuk 3D,salah satunya adalah sbb :
  • Efisien waktu,jika gambar yang akan kita gambar itu hanya sederhana,buat apa kita mesti menggunakan benda 3D,karena dengan menggambar 3D maka kita nantinya tetap akan menyajikanya dalam format 2D jadi coba kenali fungsi gambarnya terlebih dahulu sebelum memutuskan menggambar 2D atau 3D.

Nah itu saja coretan saya mengenai alasan seseorang menggambar obyek dalam bentuk 3D,jika memang diperlukan ya monggo dibuat dalam bentuk 3D,tapi jika butuhnya hanya untuk gambar kerja maka alangkah lebih baik langsung dibuat dalam bentuk 2D saja..


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 11:20 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST