Home » » Cara mengaktifkan fasilitas ortho untuk sementara.

Cara mengaktifkan fasilitas ortho untuk sementara.

Cara mengaktifkan fasilitas ortho untuk sementara.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,menggunakan fasilitas ortho ( f8 ) dalam proses menggambar di AutoCAD memang banyak sekali manfaat dan kegunaanya,selain menggambar bisa lebih cepat juga dapat menghasilkan gambar yang lebih akurat.

Mengapa kita memerlukan fasilitas ortho mode tersebut dalam AutoCAD….?
Sangat mudah sekali menjelaskan sekaligus jawaban dari pertanyaan seperti itu,karena dengan menggunakan fasilitas otho / ortho mode kita tidak perlu lagi memasukan rumus ketika akan membuat LINE,Move,Copy dsb,seperti kita ketahui jika kita tidak mengaktifkan ortho mode maka ketika kita akan membuat sebuah garis dengan panjang 100 searah sumbu X maka kita akan mempergunakan rumus @100<0,dll.

Cara mengaktifkan fasilitas ortho untuk sementara.
Cara mengaktifkan fasilitas ortho untuk sementara.

Mengaktifkan orhto mode sementara.

Dalam bahasa AutoCADnya tutorial ini lebih tepat disebut temporary override ortho,artinya kita hanya menggaktifkan dan mempergunakan fasilitas ortho yang sebelumnya tidak aktif,tetapi pengaktifan ini hanya bersifat sementara alias temporary.

Lalu bagaimana caranya mengaktifkan ortho mode sementara tsb :
  • Tekan dan tahan tombol shift kemudian gerakan mouse anda maka secara otomatis kursor hanya akan bergerak ke empat arah saja,yakni vertical dan horizontal saja.



Demikian tutorial singkat tentang mengaktifkan ortho mode secara sementara,alias temporary override ortho,semoga bermanfaat. 
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 9:04 AM

2 comments:

  1. saya harus menggunakan ortho juga mas..? tp ga bisa gambar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oookh ga perlu teh kalo cuma mau bikin garis lurus diantara hati kita,kayana sudah otomatis ortho dah..ciaaaa

      Delete

RECENT POST