Home » » Cara singkat memunculkan object snap.

Cara singkat memunculkan object snap.

Cara singkat memunculkan object snap.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,bagaimana rasanya jika kita menggambar menggunakan AutoCAD tanpa bantuan snap,..saya piker akan sangat kesulitan sekali jika malah bisa dikatakan sangat mustahil menggambar menggunakan AutoCAD tanpa ada bantuan dari snap tersebut.

Snap ( OSNAP ) tersebut yang dalam AutoCAD disebut dengan istilah object snap,misalnya endpoint,midpoint,center,quadran,tangent dsb adalah sebuah tanda yang mengindikasikan bahwa titik tersebut merupakan suatu titik khusus,misalnya akhir dari sebuah garis,atau justru titik tersebut merupakan tengah-tengah dari sebuah garis.

Karena sifat object snap dalam AutoCAD itu bersifat magnet atau menarik maka jika kita mendekatkan kursor kita pada saat akan membuat titik maka secara otomatis titik yang baru kita buat tersebut tepat berada pada object snap terdekat dari kursor itu sendiri.

Jadi sangat jelas sekali bahwa fungsi object snap adalah untuk menemukan sebuah titik yang ada pada object lama untuk dijadikan referensi oleh titik baru.

Memunculkan object snap.

Melakukan settingan object snap sudah merupakan keharusan dalam menggambar menggunakan AutoCAD,dan tentu rekan semua sudah mengerti bagaimana cara melakukan settingan pada AutoCAD mengenai object snap tersebut.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah ketika kita lupa mengaktifkan object snap sementara pada pertengahan proses menggambar kita membutuhkan object snap tersebut,ada sebuah cara yang sangat singkat ketika kita akan menampilkan object snap dengan kata lain tutorial kali ini adalah memunculkan object snap secara singkat,atau how to display temporary object snap in AutoCAD.

Tutorial menampilkan object snap singkat.

Tekan dan tahan tombol shift kemudian klik kanan pad mouse.

Cara singkat memunculkan object snap.
Cara singkat memunculkan object snap.

Contoh :
Kita akan membuat garis berbentuk L maka setelah perintah pertama selesai dan kita akan menentukan titik pertama pada garis yang selanjutnya sementara kita lupa belum mengaktifkan osnap endpoint maka lakukan tekan tombol shift kemudian klik kanan pada mouse,maka akan muncul semua object snap yang ada di AutoCAD.


Semoga bermanfaat.
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 3:55 PM

4 comments:

  1. sebelum kesini saya kesulitan pengen memunculkan tombol snap, untung hari ini kesini, pasti nanti siang bakalan muncul objek snap di autocad ku.
    maturnuwun ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..silahkan kang di sedot dan di praktekin biar bisa keluarin object snap nya...kita bisa sama-sama belajar autocad

      Delete
  2. wihhh,, mantapp gan !! terima kasihhhhh

    ReplyDelete

RECENT POST