Home » » Dua bentuk garis yang ada di AutoCAD.

Dua bentuk garis yang ada di AutoCAD.

Dua bentuk garis yang ada di AutoCAD.

Rekan AutoCAD Tangerang semua,jika kita berbicara gambar maka kita tidak akan terlepas dari yang namanya garis yang dalam dunia AutoCAD diberi nama sesuai perintahnya yakni LINE,nah sementara kita terkadang belum tau sebenarnya ada berapa bentuk garis dalam dunia gambar ( AutoCAD ).

Sebenarnya di dunia ini hanya ada dua bentuk garis yakni garis lurus,dan juga garis melengkung,begitu juga dalam dunia AutoCAD garis hanya ada dua bentuk tersebut,nah disini saya ingin mengajak rekan-rekan semua untuk mengenal bentuk-bentuk garis tersebut.

Bentuk bentuk garis AutoCAD.

1.Garis lurus.
Garis lurus adalah sebuah segmen atau goresan yang mengarah pada sumbu X maupun sumbu Y yang memiliki nilai panjang tertentu dan sudut tertentu,nah sementara garis lurus sendiri terbagi menjadi tiga kelompok yang sudah sangat tenar sekali yakni :
  • Garis horizontal : yakni sebuah garis atau goresan yang searah sumbu X,dengan kata lain garis horizontal adalah sebuah garis yang memiliki sudut 0 atau sudut 180,garis ini sering disebut juga dengan garis mendatar.
  • Garis vertical : adalah sebuah garis atau goresan yang searah sumbu Y dengan kata lain garis vertical adalah sebuah garis yang memiliki sudut 90 atau sudut 270,garis ini sering juga disebut dengan garis lurus keatas.
  • Garis diagonal : garis sebuah garis atau goresan yang memiliki sumbu diantara pertemuan sumbu X dan Y,artinya garis diagonal adalah garis yang memiliki sudut selain sudut 0,90,180,270 atau 360,ini sering juga disebut dengan garis miring.

2.Garis lengkung.
Garis lengkung adalah sebuah segmen atau goresan yang berbentuk melengkung,yang memiliki nilai radius ( jari-jari ) atau juga diameter.

Garis lengkung bisa berbentuk bulat penuh ( lingkaran ) atau juga hanya sebagian yang kerap disebut dengan garis busur.
Dua bentuk garis yang ada di AutoCAD.
Dua bentuk garis yang ada di AutoCAD.

Perintah garis lurus dan lengkung didalam AutoCAD.

Didalam AutoCAD sendiri untuk menghasilkan sebuah garis lurus vertical,horizontal maupun diagonal kita menggunakan perintah LINE,sementara untuk membuat garis lengkung penuh maka kita bisa menggunakan perintah circle,sedangkan untuk membuat garis setengah lingkaran atau busur dipergunakan perintah Arc.


Sekian dan demikian sekilas tentang garis lurus dan garis lengkung yang merupakan dua bentuk garis yang paling utama didalam dunia drawing. 
Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 12:10 AM

0 comments:

Post a Comment

RECENT POST