Home » » Pilih AutoCAD atau Sketchup,untuk dipelajari pertama.

Pilih AutoCAD atau Sketchup,untuk dipelajari pertama.

Pilih AutoCAD atau Sketchup,untuk dipelajari pertama.

Rekan AutoCAD semua,kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya pada saat menemui calon murid private,singkat cerita setelah saya bertemu dengan beliau ada satu pertanyaan yang sangat penting bagi dirinya dan mungkin juga pertanyaan ini pernah terlintas dalam benak rekan semua yakni,software mana yang perlu saya pelajarai duluan antara AutoCAD dan google sketchup.

Pertanyaan tentang bagaimana kita harus memilih aplikasi mana yang akan kita pelajari duluan tentu tidak mudah untuk menjawabnya,karena jawaban terhadap orang satu akan bisa berbeda dengan orang yang lainya,ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan dan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menentukan atau memutuskan aplikasi mana yang akan kita pelajari terlebih dahulu sebagai contoh antara AutoCAD dengan google skecthup.
Pilih AutoCAD atau Sketchup,untuk dipelajari pertama.

Pertimabangan sebelum menentukan aplikasi mana yang akan dipelajari.

Segala sesuatu sebelum diputuskan pasti melewati sebuah proses yang dinamakan pertimbangan – pertimbangan,pertimbangan ini bisa kita dapatkan dari berbagai sumber berita,misalnya :
  • Pengguna ( user ) artinya jika kita ingin mengetahui aplikasi mana yang akan kita pelajari terlebih dahulu antara AutoCAD dengan google sketchup  maka tidak ada salahnya kita bertanya kepada seseorang yang sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut,kita bisa menanyakan semua informasinya,tips dan trik belajarnya sampai kepada bagaimana kegunaan aplikasi tersebut didalam dunia industry dan usaha.
  • Informasi dari internet,kalau hal mencari informasi dari internet mungkin rekan semua sudah gak asing lagi,karena hamper saban hari mantengin komputer atawa laptop,banyak sekali informasi yang telah tersedia didalam dunia internet,mulai dari tutorial,contoh gambar,tips dan trik sampai tempat kursusnya jika nanti berminat.
  • Biaya,jika sudah urusanya biaya maka perlu juga untuk dipertimbangkan belajar aplikasi mana yang cenderung lebih murah untuk dipelajari,bisa jadi yang murah itu AutoCAD ya tidak ada salahnya untuk permulaan kita bisa belajar AutoCAD dulu sambil nabung untuk belajar yang lainya yang mungkin lebih mahal,karena buat apa kita memaksakan belajar langsung yang mahal sedangkan kita juga belum tentu menggunakanya kelak didalam dunia pekerjaan kita.
  • Fungsi,mengenai fungsi ini saya lumayan sulit menjelaskanya,karena yang namanya ilmu itu gak ada yang sia – sia,jadi yang mana dulu yang akan kita pelajari pun tetep akan memberi dampak yang positif terhadap yang belajar,hanya saja mungkin tidak langsung pada saat ini ketika dia sedang belajar,terkadang ilmu yang kita pelajari sekarang akan berfungsi kelak ketika kita sudah tua yang biasanya ilmu itu malah sudah terlupakan.
  • Tujuan,jika saya tadi kurang bisa menjelaskan pertimbangan soal fungsi maka bisa saya lengkapi dengan pertimbangan tujuan,persiapkan terlebih dahulu tujuan apa yang akan kita capai ketika kita ingin belajar suatu ilmu apakah AutoCAD atau google sketchup,nah sedangkan tujuan itu sendiri saya bagi kedalam kelompok besar yakni :

  1. Tujuan jangka pendek,bisa juga disebut dengan tujuan masa sekarang,kita bisa saja memulai belajar AutoCAD atau sketchup untuk keperluan mendaftar kerja,atau naik jabatan,atau naik gaji dengan dasar kita bisa mengoperasikan AutoCAD misalnya,maka belajar AutoCAD lah yang jelas dianjurkan daripada harus belajar sketchup dulu,begitu juga sebaliknya.
  2. Tujuan jangka panjang,artinya kita memutuskan untuk belajar sebuah aplikasi misalnya AutoCAD atau sketchup hanya untuk persiapan masa depan,masa tua atau tahun tahun yang akan datang,maka memilih aplikasi mana yang akan dipelajari duluan jadi lebih mudah karena kedua – duanya sama saja,toh nanti juga bakan dipelajari semu kan..hehehe

AutoCAD atau Skecthup.

Cerita diatas Cuma pertimbangan – pertimbanganya saja,tapi secara pribadi saya sendiri jika dihadapkan pada pertanyaan untuk memilih apakah aplikasi AutoCAD atau sketchup yang akan dipelajari terlebih dahulu maka saya secara reflex dan spontan akan menjawab AutoCAD.

Tentu ada pertimbanganya kenapa saya menjawab seperti itu,bukan hanya lantaran saya memang belajar pertama langsung berkenalan dengan AutoCAD lho,tapi saya sudah melakukan study banding ( ciaaa ) keberbagai kalangan dipenjuru negeri ini.

Saya akan menceritakan tentang mengapa memilih AutoCAD daripada skecthup untuk dipelajari duluan,dan apa pertimbanganya akan coba saya ungkap di pertemuan kita selanjutnya,jadi jaga badan,jaga semangat dan terus pantengin blog AutoCAD tangeang ini,see u next time..


Muhtar Arifin AutoCAD Tangerang Updated at : 7:30 PM

6 comments:

  1. Masih blm paham saya mas, apa sebenarnya auto CAD ini..
    Trims informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..iya boss...autocad emang masih belum familiar banget,terlebih bagi mereka yang bukan orang teknik...tapi padahal kalo dipelajari mudah juga kok

      Delete
  2. maaf mas klo untuk biaya prifat autocadnya skarang brapa? saya minat ,saya tinggal di daerah tangerang selatan tepatnya dekat setasiun kereta sudimara..mksh mas..di tunggu info lanjutanya..

    ReplyDelete

RECENT POST